Sukses


PABBSI Cari Penerus Eko Yuli di Kejuaraan Angkat Besi Asia Junior

Bola.com, Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI) akan mencari penerus Eko Yuli Irawan pada ajang Kejuaraan Asia Junior 2016. Hal ini diungkapkan pelatih angkat besi Indonesia, Dirja Wiharja.

Dirja mengatakan kejuaraan tersebut akan berlangsung di Jepang pada November 2016. Dia belum bisa menyebut jumlah pasti yang akan dikirim ke Negeri Sakura. Namun, dia menyebut ajang ini akan dimanfaatkan untuk mencari atlet potensial.

"Dalam waktu dekat akan ada Kejuaraan Asia Junior di Jepang pada November 2016. Itu buat pencarian penerus Eko Yuli Irawan," ujar Dirja kepada wartawan di kediaman Duta Besar Australia untuk Indonesia di Jakarta, Senin (5/9/2016).

"Kami belum tahu berapa yang akan dikirim, nanti ada seleksi. Setahun ini kami melakukan tiga turnamen, ini untuk menjaring atlet U-17 dan U-20," tambahnya.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson (kanan) saat menjamu atlet angkat besi Eko Yuli dan Irawan dan sri Wahyuni di kediamannya,  Jakarta, Senin (5/9/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Dirja mengatakan kini pihaknya tak kesulitan untuk mencari bibit baru. Kesuksesan Eko Yuli di Olimpiade London 2012 lalu menjadi penyebabnya.

"Habis Eko Yuli meraih medali di London, jadi banyak peminat. Apalagi setelah melihat Eko menjadi model iklan," kata Dirja sembari berseloroh.

Mantan atlet angkat besi Indonesia ini mengatakan Eko Yuli sebenarnya masih tetap menjadi andalan pada Olimpiade Tokyo 2020. Menurutnya, atlet kelahiran Lampung itu masih bisa bersaing meski sudah berusia 31 tahun.

"Peraih medali emas Olimpiade Rio kemarin umurnya 33 tahun. Itu merupakan Olimpiade keempat dia," tutur pelatih kepala tim angkat besi Indonesia tersebut.

Video Populer

Foto Populer