Sukses


Papua Siapkan Bonus Rp 600 Juta buat Peraih Emas PON 2016

Bola.com, Cirebon - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua menjanjikan bonus besar buat atlet Papua yang meraih medali emas pada PON 2016 di Jawa Barat.

"Atlet yang merebut emas nomor individual akan mendapatkan 600 juta rupiah, sedangkan untuk beregu kami bakal memberikan bonus sebesar Rp 1 miliar," kata Jhony Banua Rouw, Wakil Ketua KONI Papua, kepada tim media PON 2016 Jabar, Rabu (14/9/2016).

Jhony mengungkapkan kontingen Papua pada PON 2016 berkekuatan 390 atlet plus 180 ofisial. Kontingen Papua mematok target mendulang 50 emas dan masuk 10 besar klasemen perolehan medali akhir.

Target yang diusung Papua terbilang ambisius. Pada PON 2012 di Riau, Papua hanya menempati peringkat ke-15 dengan sembilan emas.

"Saya tetap yakin kami mampu memenuhi target yang sudah ditetapkan," ujar Jhony.

Menurut Jhony, cabang andalan Papua untuk meraup emas adalah atletik, dayung, menembak, renang, dan selam kolam. "Bahkan, demi meraih dua emas di cabang selam kami menarik peselam nasional, Margaretha Herawati, ke dalam kontingen Papua," tuturnya.

Jhony mengakui kontingen Papua tak seluruhnya diisi atlet asli Bumi Cenderawasih. Dia menyebut perbandingan atlet asli dan berasal dari daerah lain adalah 70 persen berbanding 30 persen.

"Papua aktif merekrut atlet berprestasi dari daerah lain untuk dijadikan maskot dan motivator bagi bibit-bibit muda Papua saat ini. Atlet asli Papua potensial ini diharapkan sudah bisa diandalkan empat tahun mendatang saat kami jadi tuan rumah PON 2020. Target kami saat jadi tuan rumah nanti seluruh kontingen kami sepenuhnya dihuni atlet asli Papua," kata Jhony.

Namun, hingga Kamis (15/9/2016) siang, Papua masih belum merebut medali. Klasemen medali sementara PON 2016 masih dikuasai tuan rumah Jawa Barat yang sudah mengoleksi tiga emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Video Populer

Foto Populer