Sukses


PON Jadi Penyaringan Atlet Anggar untuk SEA Games dan Asian Games

Bola.com, Bandung - Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) bakal menjaring atlet berpotensi pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016. Para atlet yang terjaring dipersiapkan untuk menjadi andalan pada ajang SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Cabang olahraga anggar baru resmi dibuka pada Jumat (23/9/2016). Sebanyak 25 atlet dari beberapa provinsi akan turun dalam 16 nomor yang dipertandingkan. Kelas yang bakal dilombakan adalah Floret, Sabel, dan Degen.

Ketua Umum PB IKASI, Agus Suparmanto, mengatakan PON juga bisa menjadi ajang penilaian bagi para atlet berbakat yang siap jadi tumpuan Indonesia. PON juga menjadi momen untuk IKASI mengevaluasi sistem pembinaan yang selama ini telah berjalan.

"PON ini merupakan pertandingan yang sangat penting, karena kami akan melihat atlet daerah dikumpulkan, sehingga bisa dilihat kemampuan dari berbagai daerah secara langsung," ujar Agus dalam rilis yang diterima Bola.com, Sabtu (24/9/2016). 

"Saya berharap prestasi para atlet daerah di PON ini dapat terus ditingkatkan hingga ke ajang SEA Games dan Asian Games, sebab dari ajang ini kami akan memilih atlet untuk masuk ke dalam tim nasional," tambahnya.

Agus mengatakan telah menjalankan beberapa program untuk meningkatkan kemampuan atlet muda anggar nasional. Sebut saja kerja sama yang dijalin dengan Federasi Anggar Korea. Selain itu, IKASI juga sudah mengirimkan atlet ke luar negeri untuk memperbanyak jam terbang dan latihan.

"Program kami juga dimulai dari usia dini, usia 15 tahun sampai 18 tahun. Itu yang membuat kami kami optimistis dapat menghasilkan atlet baru yang bisa mengharumkan nama baik bangsa pada ajang SEA Games dan Asian Games," ujar Agus.

Video Populer

Foto Populer