Sukses


Tertinggal dari Marquez-Rossi, Lorenzo Salahkan Ban dan Hujan

Bola.com, Palma - Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, menunjuk faktor cuaca dan Michelin sebagai penyebab dirinya sementara tertinggal dari Valentino Rossi dan Marc Marquez dalam pereburuan titel MotoGP 2016.

Lorenzo mengakui salah satu kelemahan terbesarnya pada musim ini adalah saat balapan basah. X-Fuera kerap kesulitan jika hujan turun saat lomba seperti di Assen (finis ke-10), Sachsenring (15), dan Brno (17).

Menurut Lorenzo, faktor utama yang membuat dirinya tak bisa tampil kompetitif pada balapan basah adalah ban. Tak seperti Rossi dan Marquez, rider asal Spanyol itu masih belum mampu menyesuaikan gaya balapnya dengan karakter Michelin.

"Performa saya saat hujan mungkin baru membaik kalau Michelin mengganti ban depan basahnya. Jika tidak, saya harus menemukan cara untuk bisa lebih cepat pada balapan basah tanpa kehilangan poin," kata Lorenzo seperti dikutip dari Marca, Minggu (9/10/2016).

Lorenzo menyebut ban Michelin telah mengubah peta persaingan di MotoGP. Hilangnya dominasi para alien pada musim ini diklaim Lorenzo tak lepas dari peran ban Michelin.

"Tahun ini, jika kehilangan grip ban depan, maka 90 persen kemungkinan Anda akan terjatuh. Itulah mengapa musim ini banyak terjadi insiden. Marquez juga mengalami hal yang sama. Hanya, dia mengalaminya pada sesi latihan bukan saat balapan. Karena itu, dia bisa jauh memimpin klasemen," ujar Lorenzo.

Jorge Lorenzo saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara MotoGP 2016. Dia tertinggal 66 poin dari Marc Marquez dan 14 angka di belakang Valentino Rossi dengan empat seri tersisa.

Video Populer

Foto Populer