Sukses


Ini yang Dipelajari Rio Haryanto Sebagai Pebalap Cadangan Manor

Bola.com, Mexico City - Rio Haryanto mengaku belajar banyak hal selama menjadi pebalap cadangan Manor Racing. Namun, fokus utamanya adalah karakteristik ban Pirelli.

Menurutnya, ban milik produsen asal Italia itu sangat sensitif. Karakteristik ban Pirelli dinilainya bisa sangat mempengaruhi keseimbangan mobil.

"Memahami tentang ban sangat menarik. Ban Pirelli sangat sensitif. Jika ban tidak berada dalam kisaran temperatur optimal, keseimbangan mobil akan sangat berbeda. Membuat ban bekerja dengan baik selalu menjadi kunci utama," tutur Rio seperti dikutip Motorsport, Selasa (1/11/2016).

"Saya melihat Pascal Wehrlein dan Esteban Ocon, mereka berdua berusaha keras untuk mendapatkan performa terbaik dari ban," tambahnya.

Pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu menyebut cara memperlakukan ban juga memiliki peranan penting dalam balapan. Ini yang dia pelajari sejak pertama kali turun pada ajang F1 pada awal tahun 2016 hingga sekarang menjadi pebalap cadangan Manor Racing.

"Sangat penting memahami cara memperlakukan ban. Contohnya pada lap pemanasan, seberapa jauh Anda bisa push, seberapa besar Anda bisa mengatur temperatur dalam kisaran optimal, semuanya sangat krusial," ungkap Rio.

Tentunya pelajaran ini akan sangat berguna buat pebalap berusia 23 tahun itu untuk menghadapi balapan F1 musim depan. Seperti diketahui, Rio Haryanto memiliki ambisi untuk turun lagi sebagai pebalap utama tim F1 pada tahun 2017.

Video Populer

Foto Populer