Sukses


Bos Manor Bandingkan Rio Haryanto dengan Senna dan Hamilton

Bola.com, Mexico City - Rio Haryanto dinilai sama bagusnya dengan para pebalap papan atas seperti Ayrton Senna, Alain Prost, Niki Lauda, Mika Hakkinen, dan Lewis Hamilton pada awal karier mereka di F1. Keyakinan itu diungkan Racing Direktur Manor Racing, Dave Ryan, saat diminta membeberkan kualitas pada pebalap muda yang membela timnya, termasuk Rio.

 

Selama berkiprah di F1, Ryan memang pernah bekerja sama dengan sejumlah pebalap top, termasuk Senna, Lauda, Hakkinen, dan Hamilton. Tak heran, pria asal Inggris tersebut mampu memberikan jawaban lugas saat diminta membeberkan kiprah Rio, Pascal Wehrlein, dan Esteban Ocon pada musim pertama di F1. Wehrlein dan Ocon merupakan pebalap utama Manor, sedangkan Rio berstatus pebalap cadangan.  

"Pada tahap ini, karier mereka sudah sebagus beberapa pembalap yang pernah bekerja dengan saya (Senna, Lauda, Hakkinen, Prost, dan Hamilton," ujar Ryan, dalam perbincangan dengan Motorsport, Jumat (4/11/2016). 

Rio Haryanto baru mencicipi berkiprah di ajang F1 selama 12 seri pada musim 2016. Petualangan singkatnya di arena F1 berakhir seusai F1 GP Jerman. Dia dicopot dari kursinya oleh Manor karena tak mampu melunasi kewajiban finansial kepada tim. Posisinya digantikan oleh Esteban Ocon. Adapun Rio diberi peran baru sebagai pebalap cadangan Manor.

Dave Ryan menyadari posisi baru tersebut tak ideal bagi Rio yang masih ingin menjadi pebalap utama hingga akhir masing. 

"Oh, jelas sangat mengecewakan baginya. Ia ingin berada di luar sana untuk membalap. Tapi, Anda tahu, kami tetap mempertahankan karena Rio pembalap bagus," ujar Ryan. 

"Jika kami harus menurunkan seorang pembalap dengan pengalaman terbatas di suatu sirkuit dan saya berkata 'turun ke lintasan dan lakukan tugas Anda', maka Rio Haryanto adalah opsi terbaik kami. Jadi, tidak perlu pertimbangan yang rumit untuk mempertahankan Rio," sambung Ryan. 

Video Populer

Foto Populer