Sukses


Persaingan 3 Sport Bike 150cc Populer di Tanah Air Memanas

Bola.com, Jakarta - Persaingan sports bike full fairing pabrikan Jepang di  Tanah Air memanas, khususnya di kelas 150 cc. Di kala Yamaha dengan YZF-R15 dan Honda dengan CBR150R generasi teranyar sedang sibuk berseteru, datang ancaman baru dari Suzuki. Ya, Suzuki menurunkan jagoan andalan di kelas sports bike full fairing 150 yakni GSX-R150 generasi terbaru.

Walaupun baru diluncurkan pada gelaran GIIAS 2016 dan direncanakan mengaspal pada 2017, Suzuki GSX-R150 tetap jadi camanbagi Honda dan Yamaha. Apalagi, cukup banyak yang menantikan kebangkitan sports bike 150 cc Suzuki. Belum lagi, bertambahnya produk baru memberikan pilihan lebih kepada para konsumen.

Ketiga kontestan menawarkan karakter unggulan masing-masing dan tentunya perbedaan itulah yang akan menjadi daya tarik konsumen.

Walaupun sama-sama sports bike full fairing 150, ketiganya menawarkan desain dan dimensi yang berbeda.

Yamaha YZF-R15

Yamaha R15

Motor yang akrab disapa R15 ini dihadirkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) pada kuartal awal 2014. Secara garis keturunan, motor ini mewarisi DNA motor sport Yamaha R-Series. Hal tersebut menjadikan desain R15 kental dengan aura balap. Seperti fairing yang tampak lebih besar dan bagian buritan motor yang meruncing.

Yamaha YZF-R15 dibekali dengan lampu depan ganda, sayangnya belum menggunakan teknologi LED. Namun, lampu belakang dan remnya sudah LED. Bagian fairing terlihat besar dan padat karena di bagian dalamnya dibuat seperti lapisan yang bertumpuk. Untuk posisi duduknya bagian penumpang belakang lebih tinggi dibanding jok depan.

Selain desain sektor depan yang lebih besar, R15 juga menawarkan rangka deltabox dan lengan ayun berbahan aluminium yang besar. Hal itu menimbulkan efek bak motor sport bermesin besar. Untuk bobotnya, R15 mencatatkan berat 136 kg.

Mesin yang digunakan R15 adalah mesin 1-silinder SOHC 149,8 cc yang menghasilkan daya 17, 2 PS dan torsi puncak 15 Nm, yang didistribusikan melalui transmisi manual 6-speed.

Honda CBR150R

Honda CBR150R

Dengan imbuhan nama All New, generasi keempat dari Honda CBR150R ini mendapat perubahan yang signifikan dibanding pendahulunya. Mulai dari desain, mesin, sampai dengan fitur sudah dimodernisasi jika dibandingkan pendahulunya.

Penampilan desainnya dihiasi pahatan garis-garis tajam yang modern dan agresif. Bagian fairingnya juga menggunakan desain modern multi-fairing untuk menguatkan aura sporty. Sementara rangkanya sudah menggunakan truss frame.

Penghasil daya pada CBR150R adalah jantung mekanis DOHC berkubikasi 149, 16 cc yang menyemburkan daya 17,1 PS dan torsi maksimum 13,7 Nm yang sudah tersedia di putaran rendah berkat settingan bore dan stroke yang square. Penyalur daya penggeraknya adalah transmisi manual 6-speed.

Lampu inovasi LED telah dibenamkan pada lampu depan ganda, lampu jauh, lampu sein, rem, dan lampu plat nomor belakang. Selain itu, speedometernya sudah menggunakan full LCD dan dilengkapi MID (multi Information Display). Sebagai tambahan, bobot Honda CBR150R berada di angka 135 kg.

Suzuki GSX-R150

Suzuki GSX-R150

Kontestan yang satu ini baru saja diluncurkan dan dikabarkan mengaspal di jalanan Indonesia pada 2017. Mengambil debut pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 yang lalu, model ini merupakan anggota ke-4 dari lini GSX-R yang ada di dunia.

Sedikit berbeda dengan kedua kompetitornya, Suzuki GSX-R150 menawarkan desain yang tampil lebih ramping namun aura sporty tetap kuat terpancar. Selainitu, lampu depan utama juga berbeda, di mana Suzuki membekali GSX-R150 dengan lampu mono yang sudah menganut LED.

Dapur pacu dari GSX-R150 juga mengusung konfigurasi 1-silinder DOHC berkapasitas 147,3 cc. Walaupun lebih kecil di antara para pesaingnya, daya yang dihasilkan mesinnya mencapai 19,1 PS atau yang paling besar di antara ketiganya. Sementara torsinya 13,9 Nm, atau yang paling kecil dari Yamaha YZF-R15 dan Honda CBR150R. Dengan racikan tersebut, kecepatan laju menjadi yang diutamakan ketimbang akselerasinya. Sangat bergaya Suzuki.

Untuk fitur-fiturnya, GSX-R150 menawarkan sesuatu yang unik yakni Key-less Ignition atau knob starter tanpa kunci. Selain itu, panel instrumennya juga sudah full digital dan terdapat Shift light atau indicator perpindahan gigi. Sebagai perbandingan lainnya, GSX-R150 memiliki bobot kosong 126 kg atau merupakan yang paling ringan dibandingkan kompetitornya.

Infographic Motor 150cc (Bola.com/Adreanus Titus)

Video Populer

Foto Populer