Sukses


Praveen / Debby Diminta Tak Jadi Bayang-bayang Tontowi / Liliyana

Bola.com, Jakarta - Pelatih kepala ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, menyatakan tahun ini Praveen Jordan/Debby Susanto harus lepas dari bayang-bayang senior mereka, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Juara All England 2016 tersebut bakal diplot sebagai ganda campuran pertama Indonesia, menggeser Tontowi/Liliyana.

Richard mengatakan pasangan Tontowi/Liliyana sudah tak dibebani target khusus setelah merebut medali emas di Olimpiade Rio 2016. Bahkan, Tontowi untuk sementara dipisah dari Liliyana dan dipasangkan dengan Gloria Emanuelle Widjaja. Pemisahan tersebut merupakan persiapan regenerasi jika Liliyana pensiun dari Pelatnas Cipayung.

"Tak ada target khusus untuk Tontowi/Liliyana. Sekarang fokusnya memberikan pengalaman kepada Owi (panggilan Tontowi) untuk menjadi pemimpin, makanya dipasangkan dengan Gloria. Liliyana juga butuh banyak refreshing, karena kalau sudah latihan pasti sangat keras dan tak pernah main-main," kata Richard Mainaky, saat dijumpai wartawan seusai acara Penghargaan Atlet Muda Berprestsi PB Djarum 2016 di Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

"Kini giliran Praveen/Debby yang jadi ganda campuran pertama, menggantikan Tontowi/Liliyana. Selama ini kan Praveen/Debby masih menjadi nomor dua di belakang Tontowi/Liliyana," imbuh Richard.

Sebagai ganda campuran pertama Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto pun dibebani beberapa target khusus. Salah satu yang terdekat adalah mempertahankan gelar All England. 

"Saya berharap Praveen/Debby bisa memenangi titel All England. Kalau Tontowi/Liliyana tak perlu diberi instruksi pun mereka pasti juga ingin juara," kata Richard. 

Setelah Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Debby sempat dikabarkan bakal gantung raket karena akan menikah. Saat ditanya tentang topik tersebut, Richard mengaku belum tahu kapan Debby bakal pensiun. Namun, Richard dalam beberapa kesempatan berharap Praveen/Debby turun memperkuat Indonesia di ajang Asian Games 2018, bahkan Olimpiade Tokyo 2020. 

"Belum ada kepastian soal itu (Debby pensiun). Tapi, yang jelas Debby rencananya menikah pada akhir 2017, jadi masih cukup lama," kata Richard Mainaky soal kelanjutan nasib pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto.  

 

 

 

Video Populer

Foto Populer