Sukses


Race 2 ARRC Johor: Irfan Ardiansyah Naik Podium Kelas SS600

Bola.com, Johor - Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) benar-benar mencuri perhatian pada hari terakhir seri perdana Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 di Sirkuit Johor, Malaysia, Minggu (2/4/2017). Setelah Gerry Salim meraih kemenangan kedua di kelas Asia Production (AP) 250, giliran Irfan Ardiansyah yang sukses naik podium di kelas tertinggi Supersport (SS) 600.

Irfan membuat lonjakan besar karena pada balapan pertama, Sabtu (1/4/2017), dia hanya finis di posisi ke-10. Apalagi dia start dari grid ke-12 setelah tampil kurang mulus pada sesi kualifikasi karena masih harus beradaptasi dengan motor.

Balapan kedua menghadirkan cerita berbeda. Irfan sudah nyaman dengan motor karena telah menemukan ritme dan setelan yang sesuai.

Irfan melakukan start dengan baik. Pada lap kedua, dia sudah naik ke posisi kesembilan. Berselang satu lap, juara balapan pertama asal Malaysia, Zaqhwan Zaidi, terjatuh. Irfan yang sudah menyalip dua pebalap pun kembali naik ke peringkat keenam.

Irfan naik lagi ke posisi kelima pada lap kelima dan terus mengejar pebalap yang ada di depannya. Posisi Irfan kembali naik satu tingkat dua lap berselang setelah pebalap Jepang, Yuki Ito, melakukan kesalahan dan melebar.

Pada lap kesembilan, Irfan mulai mendekati peringkat ketiga, Ahmad Yudhistira (Kawasaki). Drama duel antara dua pebalap Indonesia untuk posisi terakhir di podium pun tak terelakkan.

Meski kalah pengalaman dari Yudhistira, Irfan tak gentar. Irfan dengan sabar terus membuntuti dan menekan Yudhistira yang lebih senior. Pada lap ke-12, Irfan mendapat peluang menyalip Yudhistira di tikungan 1. Irfan melakukan manuver dengan mulus dan sukses merebut posisi ketiga.

Pada empat lap tersisa, Irfan terus menjaga jarak dengan Yudhistira. Dia tetap tenang dan tak membuat kesalahan hingga akhirnya finis ketiga berselisih 13,141 detik dengan sang pemenang, Taiga Hada (Jepang). Podium kedua menjadi milik pebalap Malaysia, Azlan Shah Kamaruzaman.

Bagi Irfan, ini merupakan podium pertamanya di kelas SS600 ARRC sejak debut pada 2016. Irfan juga menjadi pebalap Indonesia pertama yang naik podium di kelas SS600 pada ARRC 2017.

Berkat finis ketiga pada balapan kedua, Irfan Ardiansyah naik ke peringkat keempat klasemen sementara kelas SS600 ARRC 2017 dengan 24 poin. Dia hanya terpaut satu poin dengan Zaqhwan yang berada di posisi ketiga. Seri kedua kelas SS600 ARRC 2017 akan digelar di Sirkuit Chang, Buriram, Thailand, 14-15 April 2017.

Hasil Lomba (16 Lap):

1. Taiga Hada (Jepang/Honda) 24 menit 51,787 detik
2. Azlan Shah Kamaruzaman (Malaysia/Kawasaki) +5,089 detik
3. Irfan Ardiansyah (Indonesia/Honda) +13,141
4. Ahmad Yudhistira (Indonesia/Kawasaki) +16,693
5. Ratthapong Wilairot (Thailand/Honda) +17,742

Klasemen Sementara

1. Taiga Hada (Jepang/Honda) 45 Poin
2. Azlan Shah Kamaruzaman (Malaysia/Kawasaki) 33 Poin
3. Md Zaqhwan Zaidi (Malaysia/Honda) 25 Poin
4. Irfan Ardiansyah (Indonesia/Honda) 24 Poin
5. Ahmad Yudhistira (Indonesia/Kawasaki) 22 Poin)

 

@irfanardians16 Sempurnakan Kemenangan Indonesia . . Sukses Gerry Salim di kelas AP250, disempurnakan oleh Irfan Ardiansyah. Cah Ungaran Jawa Tengah ini mengukir sejarah balap Indonesia di balap SuperSports Asia. Dialah pebalap Indonesia pertama yang berhasil menapaki podium juara kelas 600 cc di ajang ARRC musim kompetisi 2017. . . Luar biasa. Mengingat Irfan kurang mulus saat sesi kualifikasi dan start dari grid 12. Di race pertama, Irfan masih harus beradaptsi dengan pacuannya dan finish urutan 10. . . Di race kedua, siswa Astra Honda Racing School ini sudah menemukan ritme dan setup motor yang sesuai. Irfan pun berhasil mengibarkan Merah Putih di podium 3. Di seri Pertama. Di tahun pertama balapan SS600 Asia. #astrahondaracingteam #indonesiajuara

A post shared by Astra Honda Racing Team (@astrahondaracingteam) on

Video Populer

Foto Populer