Sukses


Asapi Vettel-Raikkonen, Bottas Juarai F1 GP Rusia

Bola.com, Sochi- Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, menjuarai balapan F1 GP Rusia di Sirkuit Sochi, Minggu (30/4/2017) dengan catatan waktu 1 jam 28 menit. Driver asal Finlandia itu mengalahkan Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen yang menghuni posisi kedua dan ketiga.

Insiden sudah terjadi sebelum balapan dimulai. Pebalap McLaren, Fernando Alonso, mengalami masalah pada mesin mobilnya ketika warming lap. Driver asal Spanyol itu kemudian tak bisa melanjutkan balapan dan harus kembali ke pit.

Keluarnya Hamilton membuat balapan F1 GP Rusia hanya diikuti 19 peserta. Bottas kemudian dengan cerdik mengambil alih posisi pertama dari Sebastian Vettel di tikungan pertama selepas start dan memimpin balapan.

Safety car kemudian keluar meski balapan baru memasuki tikungan pertama akibat insiden yang menimpa Romain Grossjean dan Jolyon Palmer. Race kemudian kembali dimulai dengan Bottas berada di posisi terdepan diikuti Vettel dan Kimi Raikkonen di urutan kedua dan ketiga.

Memasuki lap kelima, pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, harus keluar dari balapan karena mobilnya mengalami masalah dan mengeluarkan api. Ini menjadi kali kedua Ricciardo gagal menyelesaikan balapan musim ini usai hal yang sama terjadi pada F1 GP Australia.

Hingga balapan memasuki lap ke-17 Bottas tetap nyaman berada di posisi terdepan karena memiliki selisih waktu yang cukup jauh dengan Vettel. Keadaan tak baik justru diperlihatkan pebalap Mercedes lain yakni Lewis Hamilton yang kesulitan mengejar Raikkonen di posisi ketiga.

Vettel berhasil mengambil alih posisi pertama ketika Bottas masuk pit pada lap ke-28. Pebalap asal Finladia tersebut kemudian menghuni posisi keempat dan memiliki selisih waktu 10,258 detik dari Vettel.

Bottas kembali mengambil alih posisi terdepan saat Vettel masuk pit pada lap ke-38. Namun, selisih waktu di antara kedua pebalap tersebut tak begitu jauh dan hanya terpaut 1,118 detik saat balapan memasuki lap ke-48.

 

Hingga balapan berakhir, Bottas tetap mampu mempertahankan posisinya dari kejaran Vettel dan sukses menjuarai seri pertama di sepanjang karier F1. Dia unggul 0,617 detik dari Vettel.

Hasil Lengkap Balapan F1 GP Rusia:

1. Valtteri Bottas Mercedes - Mercedes 1 jam 28 menit

2. Sebastian Vettel Ferrari - Ferrari +0,617 detik

3. Kimi Raikkonen Ferrari - Ferrari +11,000 detik 

4. Lewis Hamilton Mercedes - Mercedes +36,320 detik

5. Max Verstappen Red Bull - TAG +1 menit 00,416 detik

6. Sergio Perez Force India-Mercedes +1 menit 26,788 detik 

7. Esteban Ocon Force India-Mercedes +1m 35,004 detik

8. Nico Hulkenberg Renault - Renault +1 menit 36,188 detik

9. Felipe Massa Williams - Mercedes +1 lap

10. Carlos Sainz Toro Rosso-Renault +1 lap

11. Lance Stroll Williams - Mercedes +1 lap

12. Daniil Kvyat Toro Rosso-Renault +1 lap

13. Kevin Magnussen Haas-Ferrari +1 lap

14. Stoffel Vandoorne McLaren-Honda +1 lap

15. Marcus Ericsson Sauber - Ferrari +1 lap

16. Pascal Wehrlein Sauber - Ferrari +2 laps

Video Populer

Foto Populer