Sukses


Pemain Merpati Bali Berbagi Tips Memilih Sepatu Basket

Bola.com, Jakarta - Sepatu menjadi satu di antara peralatan penting buat pemain basket. Salah pilih sepatu, bisa berujung dengan menurunnya performa atau bahkan bisa mengakibatkan cedera. Jadi bisa dibilang memilih sepatu basket tak boleh sembarangan. 

Pemain Merpati Bali, Dewa Ayu Sriartha Kusuma Dewi, mencoba berbagi beberapa tips untuk memilih sepatu yang nyaman dipakai untuk pemain basket.

"Memilih sepatu harus yang terasa nyaman di kaki," kata Ayu ketika dihubungi Bola.com, Sabtu (28/4/2018).

Menurut Ayu, beberapa faktor memang bisa menentukan apakah sepatu yang ingin kamu beli bakal terasa nyaman atau tidak. Namun, itu jelas dibarengi dengan beberapa faktor lain.

Lalu, apa saja yang harus dihindari dan diperhatikan para pencinta basket ketika hendak memilih sepatu? Ini tips dari pebasket cantik, Dewa Ayu Sriartha Kusuma Dewi:

 

2 dari 3 halaman

Hal yang Harus Dihindari

1. Bantalan Licin

Bantalan sepatu menjadi faktor penting dalam menentukan sepatu yang layak untuk dipakai seorang pebasket. Menurut Ayu, bantalan sepatu tak boleh terasa licin.

"Kalau bantalannya licin, itu jelas mengganggu permainan saat bertanding. Bantalan juga harus bagus, agar tumit tidak sakit," ujar Ayu.

2. Sepatu KW

Sepatu palsu jelas harus sangat dihindari para pencinta basket. Namun, biasanya sulit untuk menentukan mana sepatu asli, mana sepatu yang palsu mendekati asli.

"Kalau sepatu palsu atau KW jelas bahannya juga berbeda dengan yang asli. Jadi pastinya tidak terasa nyaman di kaki," sebut pebasket asal Bali itu.

"Jadi kalau beli sepatu sebaiknya langsung ke toko resmi. Jadi bisa juga langsung dicoba agar pas di kaki."

Dia mengakui sulit untuk membedakan sepatu KW dengan aslinya. Untuk itu, pemain Merpati Bali ini menyarankan untuk membeli di toko yang terpercaya atau toko resmi.

"Kalau yang resmi itu seperti ada sekat-sekatnya, tidak gampang licin bawahnya. Terus sepatunya juga ringan," ungkap Ayu.

 

3 dari 3 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan

1. Ukuran Sepatu

Menurut Ayu Sriartha, memilih sepatu basket tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

"Sepatu basket yang nyaman itu yang ukurannya pas dengan kaki kita. Terus sepatu juga harus disesuaikan dengan posisi main," tutur Ayu.

"Biasanya kalau bigman, sukanya pake yang high. Kalau smallman biasanya suka yang low top," tambahnya.

2. Bahan Sepatu

Selain ukuran, Ayu Sriartha juga menyebut bahan dan bantalan sepatu juga memengaruhi nyaman atau tidaknya sepatu. Dia mengatakan kedua hal itu dapat memengaruhi performa permainan.

"Kalau soal bahan dan bentuk sepatu biasanya milih yang nyaman di kaki. Kalau bahan berpengaruh (ke performa). Bahannya harus yang tidak kaku dan keras. Jadi balik lagi ke kenyamanan kaki," kata Ayu. 

Video Populer

Foto Populer