Sukses


Hendro Yap Ikuti Kejuaraan di China Sebagai Persiapan Asian Games 2018

Bola.com, Jakarta - Atlet peraih medali emas SEA Games 2013, 2015, dan 2017 dari nomor jalan cepat, Hendro Yap, melakukan persiapan serius jelang mengikuti Asian Games 2018.

Hendro Yap berangkat ke Taicang, China, Rabu (2/5/2018), untuk mengikuti IAAF World Race Walking Team Championship, yang digelar pada Sabtu (5/5/2018).

Kejuaraan jalan cepat di Taicang ini juga merupakan kualifikasi Kejuaraan Dunia Jalan Cepat yang akan digelar di Rusia pada 2019. Hendro Yap, atlet jalan cepat Indonesia yang selalu meraih medali dalam empat kali keikutsertaannya di SEA Games sejak 2011, akan tampil dalam lomba berjarak 50 kilometer.

Hendro mengaku sudah cukup lama mempersiapkan diri untuk event ini, setelah merasa kurang memuaskan di IAAF Race Walking Challange yang digelar di Nomi, Jepang, Maret lalu.

Saat itu, Hendro yang tampil di nomor 20 kilometer, nomor yang sama seperti ketika meraih medali emas SEA Games 2013, 2015, dan 2017, tidak terlalu puas dengan hasil yang diraih. Ia ingin meraih hasil yang lebih baik di kejuaraan kali ini.

"Kemarin hasil di Jepang untuk 20 kilometer, bagi saya tidak memuaskan, meski target dari pelatih bisa saya raih. Namun, target saya di sana adalah memecahkan rekor dan itu gagal. Satu penyebabnya karena saya mempersiapkan diri untuk 50 kilometer," ujar Hendro Yap kepada Bola.com.

Alasan atlet jebolan PPLP Jawa Barat ini memang benar. Asian Games 2018 akan mempertandingkan jalan cepat di nomor 50 kilometer, hal itu yang membuat Hendro lebih tekun mempersiapkan diri untuk menjalani kejuaraan di Taicang.

"Jadi, saya memang saat itu tengah melakukan persiapan umum untuk 50 kilometer, saya tidak berlatih interval, tidak melatih kecepatan. Saya fokus untuk kejuaraan yang ini. Target saya di sini jelas sesuai waktu yang dibutuhkan untuk lolos ke kejuaraan dunia. Target saya 4 jam 05 menit, walau pelatih memberikan target 4 jam 20 menit," ujar atlet jalan cepat yang sebenarnya membutuhkan waktu 4 jam 06 menit untuk lolos ke kejuaraan dunia di Rusia itu.

Video Populer

Foto Populer