Sukses


Jokowi Resmikan Lima Venue Asian Games di Palembang

Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan lima venue Asian Games 2018 di kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan pada Sabtu (14/7/2018).  Pada kesempatan tersebut, Jokowi turut membuka kejuaraan nasional (kejurnas) Perahu Naga.

Venue Asian Games yang diresmikan yakni bowling center, shooting range arena, skateboard stadium, lapangan voli pantai, dan lintasan dayung. "Saya sudah cek venue, saya sampaikan Indonesia siap sambut gelaran Asian Games 2018," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menilai, secara fisik pembangunan infrastruktur kompleks JSC sudah selesai. "Yang belum hanya kecil-kecil, saya targetkan satu atau dua minggu selesai. Hari ini juga digelar kejuaraan dayung Piala Presiden untuk pemanasan Asian Games 2018," ucapnya.

Untuk target Asian Games, Presiden Jokowi kembali mengingatkan minimal bisa masuk 10 besar. "Syukur-syukur bisa tembus delapan besar, hitung-hitungannya ada," tuturnya.

"Selain itu, demi meramaikan, saya juga setuju jika pelajar digratiskan untuk nonton Asian Games," lanjutnya, yang tidak lupa mengingatkan agar panitia pelaksana mengantisipasi terhadap dampak gangguan asap jika terjadi kebakaran hutan.

2 dari 3 halaman

Standar Dunia

Mengawali kunjungannya, Presiden Jokowi yang tiba di kompleks JSC sekitar pukul 8.30 WIB, langsung disambut Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin saat memasuki Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Presiden Jokowi serta rombongan melihat maket kompleks JSC dan Gubernur Alex secara khusus menjelaskan tentang venue dayung yang diklaim sebagai salah satu terbaik di dunia.

"Standar dunia lebarnya 200 meter dan panjang 2.200 meter, sementara venue di Jakabaring lebarnya 400-500 meter dengan panjang 2.400 meter," papar Alex yang disambut senyum Jokowi.

Ketika melihat bowling center, Presiden Jokowi mengagumi arena yang memiliki 40 lane dan terbaik di Asia karena didukung peralatan tercanggih. Presidej Jokowi juga menyempatkan bermain bowling.

3 dari 3 halaman

Dipuji Menpora Malaysia

Setelah itu, rombongan presiden kemudian melihat rusunawa, arena shooting range, lapangan voli pantai, serta stadion skate board. Di venue terakhir, lintasan dayung, Jokowi ikut mengayuh dayung di atas perahu naga bersama para atlet nasional.

Pujian bagi kompleks JSC juga disampaikan Menpora Malaysia Syed Saddiq. Dia melihat potensi dan keberadaan JSC sangat bagus. "Saya sangat tertarik dengan fasilitas yang ada. Ini bagus sekali," pungkasnya.

Sumber Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer