Sukses


221 Atlet Lolos Tahap Seleksi Audisi Djarum di Surabaya

Bola.com, Surabaya - Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Surabaya meloloskan sebanyak 221 atlet putra-putri berbakat ke tahap selanjutnya. Kepastian tersebut didapat setelah dilakukan screening di GOR Sudirman, Kertajaya, Surabaya, Sabtu (21/7/2018).

Dalam tahap penjaringan itu, sebanyak 861 peserta dari enam kategori, U-11 putra-putri, U-13 putra-putri, serta U-15 putra dan putri, unjuk kemampuan di hadapan Tim Pencari Bakat PB Djarum.

Setiap peserta bertanding satu lawan satu dengan lawan sesuai dengan kategori. Pertandingan pun berjalan selama tujuh menit dan seluruh peserta memperlihatkan kemampuan terbaik mereka.

Dalam kurun waktu tersebut, Tim Pencari Bakat PB Djarum yang terdiri dari pelatih serta legenda bulutangkis Indonesia yakni Fung Permadi, Alvent Yulianto, Johan Wahyudi, Tri Kusharjanto, Shendy Puspa Irawati, Sigit Budiarto, Yuni Kartika, Iman Tohari, dan Sulaiman mengamati dengan cermat.

"Pada tahap screening ini kami mempertemukan peserta dengan peserta lain yang usianya tidak berjauhan, sehingga kami bisa lebih objektif dalam memberikan nilai para atlet," ujar Yuni Kartika.

"Penilaiannya pun tidak didasarkan atas menang atau kalah saat screening, tetapi lebih kepada teknik dasar dan daya juang mereka," lanjut peraih Piala Uber 1994 tersebut.

Yuni menambahkan, teknik dasar dan daya juang menjadi syarat penting bagi para peserta untuk lolos seleksi. Mulai dari cara memegang raket, posisi saat melangkah, cara memukul hingga mental ketika bertanding menjadi perhatian utama Tim Pencari Bakat PB Djarum.

Dengan aspek-aspek penilaian tersebut, Tim Pencari Bakat PB Djarum memilih 221 peserta yang lolos tahap screening dengan rincian sebagai berikut: U-11 Putri sebanyak 25 Peserta, U-11 Putra (50 peserta), U-13 Putri (20), U-13 Putra (68), U-15 Putri (15), U-15 Putra (43).

 

2 dari 2 halaman

Berebut Super Tiket

Nantinya, setelah lolos tahap seleksi ini, para peserta akan bertanding pada fase turnamen yang akan digelar Minggu (22/7) dan Senin (23/7). Yuni berharap, dalam fase turnamen tersebut, para atlet muda bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya.

"Apalagi dalam fase turnamen, peserta akan mendapatkan lawan yang lebih seimbang sehingga mereka harus lebih siap menunjukkan bakat istimewa yang dimiliki," tutur Yuni.

Pemenang dari fase turnamen ini akan mendapatkan Super Tiket untuk melaju ke babak final di GOR Jati, Kudus, Jawa tengah pada 7 sampai 9 September 2018.

Selain dengan memenangi turnamen, Super Tiket juga bisa diberikan oleh Tim Pencari Bakat kepada peserta yang kalah pada fase turnamen, namun memiliki talenta istimewa.

Di Kudus, para peserta akan bertemu dengan atlet-atlet yang sudah meraih Super Tiket di kota-kota penyelenggaraan Audisi Umum lainnya yakni, Pekanbaru, Balikpapan dan Manado.

Ditambah juga, peraih Super Tiket dari Purwokerto yang menggelar Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 bersamaan dengan Surabaya serta Cirebon dan Solo, di mana Audisi Umum akan dilaksanakan pada 4-6 Agustus mendatang.

Video Populer

Foto Populer