Sukses


Indonesia Resmi Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Bola.com, Jakarta - Indonesia resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Pengajuan itu ditandai dengan menyerahkan surat dari Presiden Indonesia Joko Widodo kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss.  

Penyerahan surat tersebut dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D Hadad, pada pekan lalu. Keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 akan mendapat persaingan ketat dari India dan gabungan Korea Selatan-Korea Utara. 

Indonesia percaya diri mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade setelah sukses menggelar Asian Games 2018, di Jakarta dan Palembang. 

"IOC mengetahui kemampuan Indonesia pada saat menggelar Asian Games dan Asian Para Games 2019," kata Muliaman seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (19/2/2019).  

"Kami merasa itu pondasi kuat," imbuh Muliaman.  

Jika berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia menjadi negara keempat di Asia yang melakukannya. Tiga negara Asia yang sebelumnya pernah menggelar Olimpiade adalah Jepang, China, dan Korea Selatan.

Keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 pernah diungkapkan secara lisan oleh Joko Widodo. Hal itu dilakukan saat Thomas Bach mengunjungi Indonesia pada 2018.

IOC akan memilih tuan rumah rumah Olimpiade 2032 pada 2025.  Adapun Olimpiade 2020 digelar di Jepang, disusul Paris sebagai tuan rumah Olompiade 2024. Los Angeles juga sudah ditetapkan menjadi tuan rumah Olimpiade 2028. 

 

Video Populer

Foto Populer