Sukses


Demi Piala Dunia Basket 2023, Tim Indonesia Incar Pelatih Asal Serbia

Bola.com, Jakarta - Pelatih asal Serbia, Rajko Toroman, menjadi kandidat kuat menangani Timnas Basket Indonesia. Tim Merah Putih butuh sosok pelatih berpengalaman demi tampil di Piala Dunia Basket 2023

Indonesia akan menjadi tuan rumah di Piala Dunia 2023 bersama Jepang dan Filipina. Namun, Indonesia tidak serta merta dapat tampil sebagai peserta.

FIBA mensyaratkan tim nasional putra indonesia harus mengejar ketertinggalan dari negara-negara peserta Piala Dunia FIBA. FIBA bersama Perbasi sudah membuat “action plan”agar perkembangan Timnas Indonesia signifikan pada 2021 sehingga bisa dinilai mumpuni bersaing pada Piala Dunia Basket 2023.

“Salah satu cara adalah mengusulkan pelatih berkualitas internasional untuk meningkatkan level tim nasional basket putra Indonesia,“ kata Sekjen PP Perbasi sekaligus penanggung jawab action plan 2021, Budisatrio Djiwandono, melalui rilis yang diterima Bola.com, Jumat (21/6/2019). 

“Kami mendapat usulan kandidat pelatih asal Serbia, Coach Rajko Toroman untuk menangani timnas putra Indonesia“, imbuh Budi.

Toroman bukan pelatih sembarangan. Dia pernah menjadia asisten pelatih Timnas Yugoslovia serta pelatih kepala Timmnas Yugoslovia U-22.

Dia juga sudah melanglang buana menangani tim Eropa dan Asia termasuk Timnas Iran, Filipina dan Yordania. Rekam jejak tersebut diyakini bisa berguna jika Toroman menangani Timnas Indonesia yang bersiap menyambut Piala Dunia Basket 2023

 

2 dari 2 halaman

Dukung di FIBA Asia 2021

Bersama Toroman, Timnas Iran berlaga di Olimpiade Beijing 2008. Toroman juga mengantar Filipina menjadi semifinalis FIBA Asia 2011. Pelatih yang pernah terlibat dalam NBA Summer ini juga membawa klub AL Manama menjadi juara Liga Bahrain.

Anggota FIBA Central Board yang juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) , Erick Thohir, mendukung usaha percepatan peningkatan prestasi tersebut.

“Perubahan demi perbaikan dan peningkatan prestasi salah satunya adalah dengan menggunakan pelatih asing berprestasi,” kata Erick.

Erick akan memberikan dukungan kepada Tim Merah Putih dalam berjuang di Kualifikasi FIBA Asia 2021. “Untuk memperkuat dukungan, saya dan PP Perbasi akan bersama-sama mencari sponsor dan media partner untuk tim nasional bola basket Indonesia,” ujar Erick, kandidat IOC member.

“Selain untuk SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Manila, Filipina pada Desember mendatang juga kualifikasi FIBA Asia 2021 bisa menjadi ajang pemanasan bagi Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang,” kata Erick.

Video Populer

Foto Populer