Sukses


12 Gejala Asam Lambung Beserta Cara Mengobatinya Secara Alami dan Murah

Bola.com, Jakarta - Asam lambung sangat dibutuhkan tubuh agar dapat mencerna makanan. Namun, produksi asam lambung yang terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan, bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa. 

Jika produksinya berlebihan, asam lambung bisa naik ke kerongkongan. Setelah itu bisa membuat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Gejala yang akan timbul seperti sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, mulut terasa asam/pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan, serta perut terasa tidak nyaman.

Biasanya asam di lambung naik karena tekanan pada perut saat kehamilan, faktor obesitas, atau memiliki sindrom hernia perut. Bahkan, seseorang yang kerap mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih, merokok, memiliki diabetes, hingga asma juga berisiko tinggi terkena penyakit ini.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada berbagai cara mengobati asam lambung naik. Selain dengan obat-obatan kimia, asam lambung dapat diobati secara alami.

Asam lambung tinggi sebenarnya bisa diatasi dengan mengatur makanan yang lebih sehat dan seimbang. Beberapa aturan yang perlu Anda perhatikan antara lain makan lebih teratur, hindari ngemil pada malam hari, mengunyah makanan dengan teratur, dan jangan terlalu cepat atau lambat, dan hindari minum air terlalu banyak selepas makan. 

Sebelum mengetahui cara mengobatinya, Anda sebaiknya mengatur terlebih dulu terkait gejala asam lambung naik.

Berikut tim Bola.com merangkum sederet gejala asam lambung naik dan cara mengatasinya secara alami tanpa mengeluarkan biaya mahal.

2 dari 4 halaman

12 Gejala Asam Lambung

  1. Mulut terasa asam
  2. Sakit tenggorokan (terasa perih)
  3. Makanan terasa naik dan mengganjal kerongkongan
  4. Asam pada bagian belakang mulut
  5. Mual
  6. Muntah
  7. Perut kembung
  8. Kesulitan menelan
  9. Batuk atau bengek
  10. Suara serak
  11. Mengi; batuk
  12. Nyeri dada, terutama saat berbaring di malam hari
  13. Cegukan
3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Bahan Alami

1. Mentimun

Mentimun dipercaya dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan asam lambung, bahkan bisa menyembuhkannya jika dikonsumsi secara teratur. Anda bisa mengonsumsinya sebagai lalapan, sayuran, atau jus.

2. Baking soda

Baking soda memiliki sifat basa yang dapat membantu menetralisir asam, sehingga bahan ini bisa kita gunakan sebagai alternatif obat tradisional asam lambung. Anda bisa mencari baking soda di toko bahan pembuat roti. 

3. Lidah Buaya

Lidah buaya kaya manfaat, terutama mampu meredam peradangan yang terjadi di lambung akibat naiknya asam lambung. Anda bisa mengolah gel lidah buaya sebagai jus atau wedang jahe aloe.

4. Kacang Hijau

Kacang hijau bermanfaat untuk mengobati sakit maag karena mampu menebalkan lapisan lambung. Kacang hijau bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih.

Anda bisa mengolahnya menjadi bubur kacang hijau, kemudian dikonsumsi hingga kadar asam lambung menurun.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan dapur yang dapat mengatasi asam lambung naik. Mengapa demikian? Kunyit bisa membantu masalah yang diakibatkan kelebihan asam lambung.

4 dari 4 halaman

12 Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung

Apabila memiliki gejala atau menderita asam lambung, Anda perlu memerhatikan hal-hal atau makanan dan minuman di bawah ini:  

  1. Kurangi mengonsumsi cokelat
  2. Hindari minuman bersoda dan alkohol
  3. Tidak memilih makanan yang digoreng dan bersantan
  4. Kurangi meminum susu berlemak tinggi
  5. Tidak memakan daging tinggi lemak
  6. Hindari kafein
  7. Kurangi mengonsumsi tomat
  8. Tidak memakan buah citrus, seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis
  9. Tidak memakan bawang bombay
  10. Hindari pakaian yang ketat, terutama di bagian perut 
  11. Tidak merokok
  12. Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi

Video Populer

Foto Populer