Sukses


5 Manfaat Daun Binahong yang Jarang Diketahui, Baik untuk Mata Minus

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mendengar daun binahong? Binahong merupakan satu di antara tanaman merambat yang mudah ditemukan, bahkan dapat ditemui di pekarangan rumah.

Bagi sebagian orang masih terdengar asing, tetapi daun yang satu ini kaya manfaat bagi kesehatan.

Kendati bisa tumbuh di pekarangan rumah, daun binahong tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Di dunia ini hanya ada beberapa negara yang bisa ditumbuhi oleh daun binahong, salah satunya Indonesia.

Selain Indonesia, negara lain yang bisa ditumbuhi daun binahong adalah Korea Selatan, China, dan Madagaskar. Daun binahong bukan sembarang tumbuhan, karena mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh.

Di Korean Selatan dan China, daun binahong banyak diolah menjadi bahan obat-obatan tradisional. Hampir mirip dengan daun sirih, binahong juga sangat baik bagi kesehatan mata dan dianjurkan bagi mereka yang memiliki mata minus atau rabun jauh.

Daun binahong merupakan sumber zat besi, kalsium, vitamin C, serta vitamin A. Daun yang memiliki nama latin Bassela Rubra Linn ini juga mengandung protein tinggi, fosfor, kalium, lutein, dan beta karoten yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut manfaat daun binahong yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/7/2019).

 

2 dari 6 halaman

1. Cegah Penyakit Kanker

Manfaat daun binahong untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah penyakit kanker. Kondisi itu biasanya diakibatkan radikal bebas yang merusak sel-sel sehat dan menjadikan sel kanker.

Daun binahong merupakan sumber anti-oksidan pigmen karotenoid esensial seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein. Kandungan itu berperan penting untuk memerangi sel kanker berbahaya.

Selain itu, kandungan vitamin A dan flavonoid dalam daun binahong juga bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari pertumbuhan sel kanker.

 

3 dari 6 halaman

2. Baik untuk Mata Minus

Apakah Anda mengalami rabun jauh atau mata minus? Anda sebaiknya memetik manfaat daun binahong untuk mengatasi masalah tersebut.

Mata minus bisa diakibatkan oleh radiasi dan radikal bebas sehari-hari yang bisa merusak retina mata, juga dapat menyebabkan kerabunan jarak dekat hingga kebutaan. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan daun binahong.

Tanaman ini mengandung anti-oksidan seperti vitamin A, vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

 

4 dari 6 halaman

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Meminum rebusan air daun binahong ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Khasiat ini dikarenakan adanya senyawa anti-oksidan dan serat penting untuk kesehatan kardiovaskular.

Daun ini berperan efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung, kerusakan areteri, dan kerusakan saraf akibat radikal bebas. Selain itu, serat daun binahong juga mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga dapat melancarkan aliran darah ke jantung.

 

5 dari 6 halaman

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum terjadi, baik pada pria maupun wanita. Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, tetapi juga bisa di punggung.

Untuk mengobati jerawat, Anda bisa memakai daun binahong pada kulit. Daun itu akan mengurangi produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori. Sehingga Anda juga bisa mencegah munculnya jerawat.

Anda bisa menumbuk daun binahong, kemudian ditempelkan pada wajah selama 10 menit. Selain itu, Anda bisa merebus delapan lembar daun binahong dan direbus hingga mendidih. Lalu minum air rebusan daun binahong sekali setiap hari hingga jerawat membaik.

 

6 dari 6 halaman

5. Menghaluskan dan Memutihkan Wajah

Selain mengatasi masalah kulit berjerawat dan berminyak, Anda bisa memetik manfaat daun binahong untuk kecantikan lainnya. Bagi Anda yang memiliki wajah kusam dan kasar, Anda bisa menggunakan daun binahong sebagai solusinya.

Daun binahong terkenal mampu menghaluskan kulit dan memutihkan wajah. Caranya, Anda hanya perlu menumbuk daunnya, kemudian dijadikan masker selama satu malam. Anda baru bisa membilasnya saat mandi pagi keesokan harinya.

Video Populer

Foto Populer