Sukses


5 Manfaat Kacang Edamame untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mendengar kacang edamame? Kacang tersebut cukup populer di Indonesia tetapi dengan julukan berbeda-beda di setiap daerah. Edamame merupakan kacang kedelai yang masih berada di dalam polongnya.

Kacang edamame kaya nutrisi seperti protein, lemak baik, karbohidrat, serat, folat, vitamin (A, B, C, E, dan K), serta mineral termasuk zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium.

Menurut laporan Medical News Today, edamame merupakan sumber protein lengkap seperti daging dan susu. Kacang edamame juga mengandung asam amino esenial yang dibutuhkan manusia dan tidak dapat diproduksi tubuh.

Edamame juga mengandung lemak baik jenis yang sehat, sehingga bisa dijadikan sebagai menu diet. Terlebih, kacang ini mengandung isoflavon berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis dan kanker.

Kacang ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif murah. Edamame kerap dijadikan sebagai camilan dengan cara mengukus atau merebusnya.

Selain bertekstur lembut dan rasanya lezat, kacang edamame memiliki segudang manfaat bagi kesehatan seperti berikut.

2 dari 6 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Turunkan Tekanan Darah

Kandungan protein dalam kacang edamame sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein tersebut terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk jantung.

Kandungan asam amino dan isoflavone dalam kacang edamame juga berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

Beberapa ahli gizi telah melakukan penelitian terhadap kacang edamame. Hasilnya, kacang ini mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan kacang-kacangan lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Melawan Sel Kanker

Kacang edamame berfungsi melawan sel kanker. Minuman tersebut mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Anda bisa mengonsumsi kacang edamame secara rutin untuk mengurangi risiko segala jenis kanker. Kacang ini juga bisa menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

4 dari 6 halaman

3. Mengontrol Berat Badan

Kacang edamae mampu mengurangi risiko obesitas dan mengontrol berat badan. Edamame merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar lemak yang cukup rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Mengingat kacang edamame kaya kandungan protein dan serat, sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, kacang ini juga dipercaya ampuh meninggikan badan dan mampu membuat kenyang lebih lama.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Sendi

Kacang edamame mengandung kalsium kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Terlebih, kacang edamame juga mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi kacang ini secara rutin, maka Anda dapat memelihara kesehatan otot dan sendi.

Selain menjadi sumber protein, edamame juga mengandung vitamin K cukup tinggi. Nutrisi ini terbukti ampuh dalam menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

6 dari 6 halaman

5. Membantu Mengobati Diabetes

Menurut laporan Medical News Today, kacang edamame tidak meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan.

Karbohidrat dalam kacang edamame juga terbilang cukup rendah, dan juga rendah lemak. Kelebihan ini dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Kacang edamame sangat cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Selain diabetes, kacang edamame juga memiliki kandungan gizi, vitamin dan antioksidan cukup tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika rajin mengonsumsi kacang edamame, maka Anda dapat mencegah penyakit karena kekebalan tubuh semakin kuat.

Sumber: Medical News Today

Video Populer

Foto Populer