Sukses


12 Manfaat Senam Kegel bagi Kesuburan Pria dan Wanita

Bola.com, Jakarta - Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh yang membutuhkan kekuatan dan keseimbangan. Macam-macam senam tentunya memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan, termasuk senam kegel.

Senam kegel semakin populer baik di kalangaan pria maupun wanita. Tak kalah dengan jenis lainnya, senam kegel juga memberikan manfaat bagi kesehatan dan kesuburan pria maupun wanita.

Kegiatan ini dilakukan untuk melatih atau mengencangkan otot-otot panggul bagian bawah. Senam kegel awalnya dikembangkan seorang dokter spesial kandungan asal Amerika Serikat, yaitu dr. Arnold Kegel pada 1940-an.

Senam kegel awalnya dilakukan untuk mengatasi masalah inkontinensia urine pada wanita selepas melahirkan. Namun seiring perkembangan zaman, beberapa penelitian membuktikan bahwa senam kegel juga memiliki manfaat lainnya.

Menurut laporan Mayo Clinic, latihan kegel tak hanya bermanfaat bagi wanita, tetapi juga baik untuk para kaum pria. Senam kegel dapat membantu mengontrol kandung kemih dan meningkatkan gairah seksual pada pria. Kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kesuburan para pria.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat senam kegel bagi kesehatan dan kesuburan pria maupun wanita, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/11/2019).

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Senam Kegel bagi Wanita

Setiap wanita yang rajin melakukan senam kegel akan merasakan perubahan dan manfaatnya yang luar biasa. Latihan ini akan terfokus pada otot dasar panggul yang terletak di area organ intim perempuan, sehingga Anda akan merasakan beberapa perubahan berikut:

1. Merapatkan kembali vagina selepas melahirkan

2. Mempercepat pemulihan vagina usai episiotomi (gunting vagina saat bersalin). Latihan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke area miss V.

3. Mengencangkan vagina yang sudah mengendur, misalnya selepas melakukan hubungan seksual atau ketika memasuki usia monopause. Pada dasarnya, vagina yang kencang dapat meningkatkan performa seksual yang lebih memuaskan.

4. Membantu para wanita yang ingin melahirkan dengan cara normal tanpa operasi. Latihan kegel mampu menguatkan otot-otot dasar panggul sehingga sirkulasi darah di sekitar daerah vagina dan dubur berlangsung lebih lancar. Otot panggul yang kuat dapat memudahkan kelahiran bayi saat persalinan.

5. Membantu mengatasi penyakit wasit atau ambeien, terutama setelah mengejan saat melahirkan normal.

6. Membantu mengatasi gejala atau tanda-tanda prolaps organ panggul, yakni suatu kondisi di mana otot dan ligamen melemah.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Senam Kegel bagi Pria

Selain bermanfaat untuk wanita, senam kegel juga memiliki manfaat bagi kaum pria. Berikut adalah manfaat latihan senam kegel untuk pria:

1. Membantu mengurangi inkontinensia urine, yaitu keadaan sulit menahan buang air kecil atau selalu merasa ada keinginan untuk buang air kecil, baik pada pria maupun wanita

2. Melancarkan peredaran darah supaya penis bisa lebih kuat saat berhubungan seks.

3. Mencegah dan mengatasi ejakulasi dini sehingga seks terasa lebih memuaskan.

4. Mencegah post-micturition dribble atau kencing tidak tuntas. Kondisi ini biasanya urine masih menetes selepas buang air kecil.

5. Meningkatkan kesehatan prostat pria dengan melatih otot-otot yang ada di sekitar prostat, sehingga bisa menopang organ reproduksi pria dengan kuat.

6. Menurut Mayo Clinic, senam kegel dapat memperkuat otot-otot dasar panggul guna meningkatkan kesehatan kandung kemih, usus, serta memengaruhi fungsi seksual.

David Villa Dapat Kado Perpisahan dari J League Sebelum Gantung Sepatu

Video Populer

Foto Populer