Sukses


7 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan, Perlu Dicoba

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan timun atau mentimun. Bahkan sayuran ini juga terkenal di berbagai belahan dunia dan diolah menjadi beberapa sajian makanan dan minuman.

Sayuran ini bayak dikonsumsi sebagai lalapan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, sebenarnya timun lebih baik dikonsumsi langsung tanpa dimasak supaya nutrisinya utuh. Lagi pula sayuran ini memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan.

Mentimun termasuk ke dalam tumbuhan Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, melon, serta pare. Tak kalah dengan labu dan melon, mentimun juga memberikan ragam nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Menurut Medical News Today, mentimun merupakan sumber mineral yang dapat membantu mengatasi dehidrasi dan cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Kandungan kalori, lemak, kolesterol, serta natrium dalam mentimun juga tergolong cukup rendah, sehingga aman dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.

Selain mengandung mineral, mentimun juga kaya serat untuk membantu melancarkan pencernaan dan menjaga berat badan tetap ideal. Sayuran ini mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan.

Semua kandungan tersebut sangat berkhasiat bagi kesehatan serta kecantikan. Manfaat mentimun tentu tak perlu diragukan lagi, karena banyak produk kecantikan dan obat-obatan yang menggunakan sayuran ini sebagai bahan dasarnya.

Berikut adalah menfaat mentimun atau timun bagi kesehatan dan kecantikan yang sering terlewatkan, seperti Bola.com rangkum dari Health Line dan Medical News Today, Rabu (11/12/2019).

 

2 dari 8 halaman

1. Menghidrasi Tubuh dan Cegah Batu Ginjal

Mentimun sebagian besar terdiri dari air yang mengandung elektrolit penting. Faktanya, mentimun terdiri dari 96 persen air. Kandungan ini dapat membantu mencegah dehidrasi saat cuaca panas atau selepas berolahraga.

Sayuran tersebut sangat penting untuk menjaga usus tetap sehat, mencegah sembelit, menghindari batu ginjal dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tak suka mengonsumsinya langsung, mentimun bisa dijadikan jus atau infused water yang dicampur dengan daun mint.

 

3 dari 8 halaman

2. Membunuh Sel Kanker

Menurut Health Line, mentimun atau timun memiliki manfaat untuk mencegah dan membunuh sel kanker. Sayuran tersebut mengandung antioksidan cukup tinggi.

Sebagai anggota dari famili tanaman Cucurbitaceae, mentimun mengandung tingkat nutrisi pahit yang dikenal sebagai cucurbitacin.

Menurut sebuah studi dalam International Journal of Health Services , cucurbitacin dapat membantu mencegah kanker dengan menghentikan reproduksi sel kanker. Selain itu, mentimun juga menyediakan kandungan serat yang dapat membantu melindungi terhadap kanker kolorektal.

 

4 dari 8 halaman

3. Memelihara Kesehatan Jantung

The American Heart Association (AHA) menemukan serat dalam mentimun dapat memelihara jantung dengan membantu mengelola kolesterol dan mencegah masalah kardiovaskular terkait.

Secangkir jus mentimun yang tidak dikupas kulitnya juga menyediakan 193 miligram kalium dan 17 miligram magnesium .

The Dietary Guidelines merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi 4.700 miligram potasium setiap hari dan 310-410 miligram magnesium, tergantung pada jenis kelamin dan usia.

Timun juga mengandung natrium cukup rendah dan kalium cukup tinggi. Pada dasarnya, mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

 

5 dari 8 halaman

4. Mengontrol Gula Darah

Mentimun memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula darah untuk mencegah diabetes. Mentimun mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau menghentikan peningkatan glukosa darah terlalu tinggi.

Menurut Medical News Today, cucurbitacins dalam mentimun dapat membantu mengatur pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati. Selain dagingnya, kulit mentimun juga bermanfaat untuk membantu mencegah gejala diabetes karena kandungan antioksidannya cukup tinggi.

 

6 dari 8 halaman

5. Bantu Turunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat

Mentimun mengandung mineral dan serat yang bermanfaat untuk membantu Anda kenyang dengan cepat dan tidak mudah haus maupun lapar. Dengan begitu, sayuran ini mampu mengontrol makan berlebihan yang dapat membantu Anda dalam upaya penurunan berat badan.

Kandungan serat dalam mentimun juga akan membantu melancarkan pencernaan, sehingga akan membantu mendorong sisa makanan menjadi feses supaya tidak tertimbun terlalu lama di dalam tubuh.

Mentimun juga bebas dari lemak dan rendah kalori. Sayuran tersebut adalah pilihan yang bagus untuk siapa pun yang mencoba menurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi mentimun sebagai lalapan, diolah menjadi salad sayur, jus, infused water, atau dicampur dengan roti lapis.

 

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Gigi

Mentimun memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Vitamin K bermanfaat untuk mengurangi risiko patah tulang dan berperan penting dalam penyerapan kalsium dalam tulang

Timun atau mentimun juga mengandung senyawa molibdenun dan fluorida yang bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan gigi. Dua kandungan itu banyak dipakai dalam berbagai produk pasta gigi.

 

8 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Kecantikan Kulit

Beberapa penelitian menemukan bahwa nutrisi mentimun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.

Mengaplikasikan irisan mentimun langsung ke kulit dapat membantu mendinginkan dan menenangkan kulit serta mengurangi pembengkakan dan iritasi. Cara ini juga dapat meringankan kulit terbakar.

Irisan mentimun juga bisa ditempelkan ke mata, untuk mengurangi mata panda. Sayuran ini juga dipercaya mampu mencerahkan wajah, membuat awet muda, menghilangkan jerawat, mengatasi minyak berlebih, hingga mengecilkan pori-pori.

Baca juga: 22 Manfaat Mentimun untuk Wajah dan Kesehatan

Tips kecantikan mentimun lainnya termasuk :

- Toner

Blender dan saring mentimun untuk memperoleh airnya untuk toner alami. Usapkan pada kulit selama 30 menit, lalu bilas. Mentimun memiliki sifat astringen, dan dapat membantu membersihkan pori-pori.

- Masker wajah

Campurkan jus mentimun dan yogurt untuk membuat masker wajah. Cara ini membantu mengurangi kulit kering dan komedo . 

Sumber: Health Line, Medical News Today

Video Populer

Foto Populer