Sukses


6 Cara Mengecilkan Lengan Bergelambir Secara Cepat, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang, khususnya kaum wanita, ingin memiliki lengan yang ramping, kencang, dan tidak bergelambir. Namun, ternyata tak semua wanita bisa memilikinya.

Beberapa orang memiliki keluhan lengan bergelambir. Lengan merupakan organ tubuh yang kerap menjadi langganan menumpuknya lemak. Masalah ini bisa dialami semua orang, baik pria maupun wanita.

Lengan yang bergelambir akan membuat tubuh menjadi terlihat gemuk, meski bagian tubuh yang lain sudah cukup ideal. Ketika memiliki lengan bergelambir, banyak dari mereka melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Bahkan, ada yang melakukannya tidak secara alami dan lebih berisiko, misalnya dengan menggunakan obat-obatan atau terapi pembakaran lemak menggunakan bantuan alat-alat medis. Meski dipantau dengan dokter, metode tersebut tetap tergolong tidak alamiah.

Mengecilkan lengan bergelambir sebenarnya bisa dilakukan dengan cara alami dan tentunya lebih aman. Cara ini harus dilakukan dengan gaya hidup sehat dan jangan bermalas-malasan supaya lengan tetap bergerak aktif.

Selain bergerak aktif, Anda juga harus seimbangkan dengan pola makan sehat dengan rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Anda juga perlu mengurangi makanan berlemak dan menghindari mengemil pada malam hari.

Sebelum mengetahui cara mengecilkannya, Anda harus mengetahui dan menghindari sederet penyebab lengan menjadi besar dan menggelambir seperti berikut ini.

2 dari 3 halaman

Faktor Penyebab Lengan Bergelambir

Lengan adalah satu di antara organ tubuh yang akan membesar ketika seseorang mengalami kenaikan berat badan. Penumpukan lemak ini disebabkan asupan makan yang tidak terkontrol. Selain itu lengan besar dan bergelambir juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti berikut:

- Kurang olahraga dan tidak aktif bergerak

- Telalu banyak duduk atau berbaring

- Gemar mengonsumsi makanan ringan, alias mengemil

- Sering makan malam

- Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak

- Istirahat tidak teratur

- Terlalu banyak minuman beralkohol dan bersoda

- Banyak mengonsumsi gula atau makanan manis

- Mengonsumsi makanan cepat saji (junk food)

- Kurang minum air putih

- Stres berlebih

- Tubuh kurang serat dan BAB tidak teratur, sehingga sisa makanan menjadi lemak

3 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Lengan Bergelambir dengan Olahraga

Akan terasa sia-sia jika Anda ingin menurunkan berat badan untuk mengecilkan lengan dengan diet ketat namun tidak diimbangi dengan berolahraga. Pada dasarnya, racun dan lemak akan keluar secara efektif melalui keringat dari kegiatan olah fisik seperti berikut:

1. Berenang

Renang merupakan satu di antara cabang olahraga yang kerap dijadikan ajang rekreasi. Olahraga air ini tak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga bermanfaat besar untuk kesehatan. Terlebih, berenang juga bisa mengecilkan lengan bergelambir.

Jika ingin memiliki lengan yang lebih ramping, Anda disarankan untuk berenang dua kali dalam seminggu. Olahraga ini bukan hanya untuk mengecilkan lengan, tetapi juga akan melatih seluruh bagian tubuh.

2. Push-up

Push-up adalah latihan yang bertumpu pada tangan. Dengan begitu, olahraga yang satu ini bisa membentuk otot lengan, sehingga Anda bisa terbebas dari lengan gemuk dan bergelambir.

Push-up akan efektif membantu mengencangkan lengan atas dengan membakar lemak di daerah tersebut. Terlebih, latihan ini tidak memerlukan alat apapun serta bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

3. Plank

Plank merupakan salah satu olahraga yang biasa dilakukan untuk mendapatkan perut six-pack. Tapi, latihan ini juga bisa mengecilkan lengan bergelambir. Kok bisa?

Manfaat ini dikarenakan posisi plank tidak berbeda jauh dengan push-up. Anda harus menahan posisi selama beberapa menit dengan menumpukan tubuh pada tangan dan ujung kaki.

4. Lompat Tali atau Skipping

Olahraga skipping atau lompat tali secara teratur supaya membuat otot semakin kencang. Semakin mengencangnya otot, maka tubuh akan memiliki bentuk yang lebih seksi.

Selain otot kaki, otot pada bagian lengan dan bahu juga akan terasa lebih kencang jika Anda rutin melakukan latihan ini. Tangan akan bekerja sebagai poros dan selalu bergerak untuk memutar alat skipping.

Apabila Anda melakukan olahraga ini selama kurang lebih satu jam, maka kalori dalam tubuh otomatis akan terbakar sekitar 1000 Kal. Tentunya lemak yang mengendap di bagian lengan juga akan terbakar dan keluar bersamaan dengan keringat.

5. Angkat Beban

Gerakan angkat beban bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengecilkan lengan yang bergelambir. Latihan ini bukan berarti harus memakai barbel yang sangat berat layaknya olahragawan angkat besi. Tapi, Anda bisa memulainya dengan menggunakan barbel minimal satu kilogram.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu pegang barbel dengan kedua tangan, angkat kedua tangan ke atas kepala sampai otot perut dan lengan terasa tertarik. Tahan posisi selama beberapa saat, kemudian kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sesuai kekuatan tubuh, dan tingkatkan terus intensitasnya setiap harinya.

6. Senam Aerobik

Senam aerobik dipercaya sebagai olahraga yang mampu menurunkan berat badan secara cepat. Senam ini akan menggerakkan semua anggota tubuh, termasuk tangan. Jadi, latihan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengecilkan lengan bergelambir.

Di sisi lain, senam yang beriringan dengan irama musik tempo cepat ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Latihan ini dilakukan guna melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung dan mengatasi stres berlebih.

Video Populer

Foto Populer