Sukses


15 Makanan Berkalori Tinggi untuk Menggemukkan Badan, Tetap Sehat

Bola.com, Jakarta - Kebanyakan orang menghindari jenis-jenis makanan berkalori tinggi yang menyebabkan berat badan bertambah, Namun, tak sedikit pula orang yang membutuhkan makanan berkalori tinggi untuk menggemukkan badan.

Kebanyakan orang kesulitan menurunkan berat badan, tetapi beberapa yang lain malah mengalami kesulitan menambah berat badan. Ini yang membuat makanan berkalori tinggi untuk gemuk tak sepenuhnya dihindari.

Untuk menambah berat badan secara sehat, seseorang perlu mengisi makanannya dengan tidak hanya fokus pada makanan kaya nutrisi, tetapi juga kalori.

Makanan berkalori tinggi untuk gemuk tak selalu buruk. Dengan memilih jenis dan sumber makanan berkalori tinggi untuk gemuk yang tepat, Anda dapat memperoleh kenaikan berat badan yang sehat tanpa risiko lainnya.

Berikut 15 makanan berkalori tinggi untuk menggemukkan badan yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/1/2020). 

 

2 dari 16 halaman

1. Susu

Susu menjadi pilihan sehat untuk penambah berat badan dan pembangun otot. Susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak yang baik.

Minuman ini juga merupakan sumber kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya.

Susu full fat adalah pilihan terbaik untuk menambah berat badan. Saat mencoba menambah berat badan, tubuh harus mendapat manfaat dari lemak, mineral, dan protein yang ada dalam susu tinggi lemak.

 

 

3 dari 16 halaman

2. Keju

Keju adalah produk susu yang juga kaya kalori, sumber protein yang sangat baik dan kaya akan lemak sehat. Cheddar, keju krim, feta, mozzarella, ricotta, parmesan, dan keju cottage dipenuhi dengan protein dan kalsium yang akan membantu tubuh mendapatkan berat badan ideal, otot dan memperkuat tulang.

 

4 dari 16 halaman

3. Full-Fat Yogurt

Full-Fat Yogurt bisa menjadi camilan menyehatkan sebagai penambah berat badan lainnya. Seperti susu berlemak, yogurt berlemak sangat membantu dalam hal penambahan berat badan.

Produk susu ini sarat dengan bakteri usus, kalsium, dan protein susu yang akan membantu meningkatkan kekebalan, memperkuat tulang, membangun berat badan sehat, dan mencegah obesitas.

 

5 dari 16 halaman

4. Oatmeal

Oatmeal lebih umum dianggap sebagai makanan diet, tetapi juga dapat membantu menambah berat badan. Oat adalah sumber mineral seperti mangan dan seng, serta mengandung vitamin B dan zat besi. Serat larut dalam gandum, beta-glukan, juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Oatmeal mengandung jumlah kalori yang dapat menyeimbangkan berat badan. Untuk menambah berat badan, padukan oatmeal dengan susu berlemak, dan gunakan topping padat kalori untuk meningkatkan kandungan energi oatmeal seperti kacang, biji, atau bubuk protein.

 

6 dari 16 halaman

5. Kacang

Kacang-kacangan adalah sumber protein, lemak dan kalori yang sehat, menjadikannya pilihan yang sangat baik jika ingin menambah berat badan. Misalnya, kacang kenari mengemas 185 kalori dan lebih dari 4 gram protein dalam satu ons.

Segenggam atau dua kacang setiap hari seperti kacang almond, kacang mete, kacang kenari atau kacang tanah dapat menambah kalori yang cukup dalam makanan untuk mendukung kenaikan berat badan yang sehat.

 

7 dari 16 halaman

6. Nasi

Nasi adalah sumber karbohidrat yang lezat dan murah untuk membantu menambah berat badan. Nasi sangat padat kalori yang dapat dengan mudah mendapatkan jumlah karbohidrat dan kalori yang tinggi dari satu porsi.

Konsumsi nasi juga membantu seseorang makan lebih banyak, terutama jika memiliki nafsu makan yang buruk atau cepat kenyang. 

 

8 dari 16 halaman

7. Daging merah

Daging merah merupakan sumber kalori hewani yang dapat meningkatkan berat badan dengan mudah. Daging merah mengandung leusin (asam amino) dan kreatin diet yang merangsang sintesis protein untuk membangun otot tanpa lemak.

Daging merah juga kaya akan vitamin B12, yang diperlukan untuk sintesis protein, hormon, DNA, dan sel darah serta fungsi neurologis. Daging merah ini meliputi daging sapi, kambing, domba, bebek, dan babi.

 

9 dari 16 halaman

8. Ayam

Jika Anda mencari makanan berkalori tinggi untuk menambah berat badan, cobalah daging ayam. Ayam sarat dengan protein, vitamin, dan mineral.

Satu dada ayam memiliki 284 kalori, atau 165 kalori per 3,5 ons (100 gram). Sekitar 80 persen kalori berasal dari protein sedangkan 20 persen berasal dari lemak.

 

10 dari 16 halaman

9. Kentang

Kentang dan makanan bertepung lainnya adalah sumber kalori yang baik untuk menambah berat badan. Karbohidrat adalah komponen utama dalam kentang. Kentang juga mengandung serat yang cukup jika dikonsumsi bersama kulitnya.

Kentang juga mengandung berbagai jumlah pati resisten, sejenis serat yang memberi makan bakteri ramah di usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Pati resisten juga dapat meningkatkan kontrol gula darah, memoderasi kenaikan gula darah setelah makan.

 

11 dari 16 halaman

10. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sayuran berpati populer yang disukai karena warnanya yang cerah, rasa yang lezat dan kaya nutrisi sehat. Ubi jalar tinggi kalori dan serat, ditambah sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan penting.

Ubi jalar terutama terdiri dari karbohidrat. Sebagian besar karbohidrat berasal dari pati, diikuti oleh serat dan sejumlah protein. 

 

12 dari 16 halaman

11. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat. Tidak seperti buah utuh lainnya, alpukat cukup padat kalori dan karenanya merupakan makanan yang baik untuk membantu menambah berat badan. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat.

 

13 dari 16 halaman

12. Pisang

Pisang sarat dengan serat makanan, potasium, protein, vitamin A, C, dan folat, serta lemak sehat. Mengkonsumsi 1-2 pisang per hari akan membuat tingkat energi naik, meningkatkan stamina, mendapatkan berat badan sehat dan membuat tulang kuat.

14 dari 16 halaman

13. Cokelat Hitam

Seperti makanan berlemak tinggi lainnya, cokelat hitam memiliki kepadatan kalori yang sangat tinggi. Cokelat hitam berkualitas tinggi memberikan banyak antioksidan dan manfaat kesehatan.

 

15 dari 16 halaman

14. Telur Utuh

Telur mengandung nutrisi penting yang dapat memengaruhi pertumbuhan. Mereka adalah sumber kalori, protein, dan vitamin dan mineral tertentu yang semuanya membantu mencapai ketinggian maksimum dan meningkatkan berat badan.

Kalori dalam telur dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori untuk penambahan berat badan.   

 

16 dari 16 halaman

15. Buah Kering

Buah kering adalah camilan berkalori tinggi yang juga menyediakan antioksidan dan gizi. Buah-buahan kering mengandung banyak serat dan sebagian besar vitamin dan mineral mereka tetap utuh.

Buah ini juga kaya gula alami yang jika dikonsumsi dalam jumlah tepat dapat turut meningkatkan berat badan.

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Anugerah Ayu Sendari/Editor Rizki Mandasari, published: 2/1/2020)

Video Populer

Foto Populer