Sukses


9 Obat Alami Atasi Asam Lambung, Bisa Jadi Alternatif Efektif

Bola.com, Jakarta - Asam lambung atau gastro esophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi saat isi lambung naik ke kerongkongan. Asam lambung kambuh karena muncul gejala mulas dan nyeri di perut Anda.

Asam lambung berfungsi untuk mencerna makanan yang Anda makan. Jika kadar asam lambung meningkat, akan menyebabkan gangguan pada sistem penceraan tubuh Anda.

Asam lambung juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol berlebihan dan merokok. Jika Anda mengalami asam lambung, gejala yang dialami seperti nyeri pada bagian ulu hati, kesulitan dalam menekan makanan, mulut menjadi pahit, dan kehilangan nafsu makan.

Dilansir dari laman HelloSehat, naiknya asam lambung ke kerongkongan akan memberikan sensasi seperti terbakar. Untuk penderita asam lambung bisa memanfaatkan obat-obatan alami untuk menetralisir lambung Anda.

Tak melulu Anda harus mengonsumsi obat-obatan kimia. Penyebab naiknya asam lambung karena adanya tekanan pada perut, faktor obesitas, atau memiliki sindrom hernia perut.

Kondisi asam lambung terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung naik. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber obat-obatan alami untuk mengatasi asam lambung, Selasa (03/03/2020).

2 dari 10 halaman

1. Lidah Buaya

Lidah buaya selama ini dimanfaatkan sebagai obat alami untuk kesuburan rambut. Selain untuk menyuburkan rambut, Lidah buaya bermanfaat untuk membantu meredakan peradangan pada lambung.

Anda bisa mendapatakan manfaat lidah buaya dengan diolah menjadi jus dan diminum sebelum makan. Peradangan lambung dapat memicu naiknya asam lambung.

3 dari 10 halaman

2. Jahe

Jahe memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Jahe dipercaya bisa menurunkan tekanan asam lambung secara efektif.

Jahe memiliki sifat gastroprotektif yang dapat mencegah peningkatan produksi asam lambung. Jahe berguna untuk melawan bakteri Helicobacter pylori, yang membuat asam lambung menjadi semakin parah.

4 dari 10 halaman

3. Teh Chamomile

Teh yang terbuat dari tanaman Chamomile bisa dimanfaatkan sebagai obat alami penyakit asam lambung. Teh chamomile berguna untuk menetralkan asam lambung Anda.

Kandungan flavonoid di dalam teh chamomile berguna sebagai antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi. Teh chamomile saat ini mudah untuk diperoleh di supermarket, apotek, minimarket terdekat.

5 dari 10 halaman

4. Licorice

Licorice adalah akar Glycyrrhiza glabra yang memiliki rasa manis dan sejenis polong-polongan. Licorice berasal dari Eropa Selatan dan sebagian wilayah Asia.

Licorice atau tanaman akar manis dipercaya bisa meredakan gejala asam lambung naik. Licorice juga berkhasiat untuk memperkuat lapisan dinding mukosa (bagian dari lapisan esofagus) yang meminimalisir efek iritasi asam lambung.

6 dari 10 halaman

5. Pisang

Buah  pisang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Terbukti, buah pisang mampu mengatasi asam lambung naik karena berguna sebagai antasida alami.

Antasida alami yang melapisi dinding perut dan saluran pencernaan sehingga lambung akan terhindar dari iritasi. Jika Anda mengonsumsi pisang untuk obat asam lambung, sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu.

Buah pisang bisa memperburuk kondisi penderita asam lambung, karena tidak semua asam lambung cocok diredakan dengan mengonsumsi buah ini.

7 dari 10 halaman

6. Kacang Hijau

Kacang hijau dipercaya bisa mengatasi asam lambung. Kacang hijau dapat menebalkan lapisan pada lambung Anda dan menetralkan kadar asam lambung yang berlebih.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa mengonsumsi kacang hijau secara rutin.

8 dari 10 halaman

7. Kayu Manis

Kayu manis bisa digunakan untuk membantu menetralisir asam lambung alami. Kayu manis bekerja dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan di tubuh Anda.

Menurut Journal Scientific Reports, senyawa yang terdapat di dalam kayu manis bisa mengurangi sekresi asam lambung dan pepsin dari dinding lambung Anda. Pelu diperhatikan untuk mengonsumsi kayu manis, Anda hanya disarankan mengonsumsi sebesar 1 gram per hari.

9 dari 10 halaman

8. Madu

Sejak dulu madu telah digunakan sebagai obat alami lambung atau maag. Madu berperan sebagai antioksidan yang melindungi saluran pencernaan tubuh dari radikal bebas.

Memiliki sifat antiinflamasi, madu mampu mengobati peradangan di bagian kerongkongan yang terinfeksi oleh naiknya asam lambung. Madu tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung yang memiliki diabetes, karena madu bisa menyebabkan kadar gula tubuh meningkat.

10 dari 10 halaman

9. Kunyit

Obat alami kesembilan adalah kunyit. Kunyit salah satu obat tradisional yang digunakan sejak jaman dulu.

Kunyit dipercaya mampu mengatasi maag atau asam lambung. Kandungan kurkumin dan minyak atsiri yang ada di dalam kunyit membuktikan menyembuhkan penderita asam lambung.

Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari kunyit dengan meminum rebusan airnya.

Video Populer

Foto Populer