Sukses


6 Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan, Tak Kalah dengan Ikan Salmon

Bola.com, Jakarta - Ikan adalah salah satu sumber protein. Ikan mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, tak terkecuali ikan gabus.

Ikan gabus mudah dijumpai di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia ikan gabung memiliki banyak sebutan.

Di Riau disebut ikan bocek, sedangkan di Jawa penyebutannya adalah ikan kutuk. Beda pula di Makassar, yang disebut dengan ikan kanjilo.

Ikan gabus memiliki kandungan asam amino dan asam lemak yang sangat baik untuk tubuh, yang dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Ikan gabus juga memiliki sifat antiinflamasi hingga antibakteri.

Ikan gabus adalah ikan air tawar. Ikan yang dipercaya memiliki kandungan protein dan gizi yang tak kalah dibandingkan ikan salmon.

Ikan gabus memiliki 25 persen protein dibandingkan ikan lainnya, serta punya kandungan albumin.

Albumin adalah protein utama dala darah yang diproduksi oleh hati. Jika tubuh Anda kekurangan zat albumin berisiko terjangkit berbagai masalah bagi tubuh Anda.

Kandungan lain yang ada di dalam ikan gabus adalah omega-3, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan juga air. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/3/2020), manfaat ikan gabus bagi kesehatan tubuh Anda. 

2 dari 7 halaman

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ikan gabus memiliki zat albumin yang tinggi. Zat albumin pada ikan gabus merupakan protein utama dalam darah tubuh.

Zat albumin pada ikan gabus memiliki kemampuan menyembuhkan luka di tubuh Anda. Ikan gabus dianjurkan dikonsumsi bagi pasien setelah proses operasi.

Ikan gabus juga memiliki sifat antinosiseptif yang mampu meringankan rasa nyeri akibat adanya luka di tubuh Anda. Mengonsumsi secara rutin mampu mempercepat proses penyembuhan luka di tubuh Anda.

3 dari 7 halaman

2. Mengatasi Kebutuhan Gizi

Ikan gabus merupakan ikan yang kaya gizi. Mengonsumsi ikan gabus mampu mengatasi masalah kekurangan gizi.

Ikan gabus dianjurkan dikonsumsi oleh anak-anak yang kurang nafsu makan. Ikan gabus mampu menjaga keseimbangan gizi dan memenuhi kebutuhan gizi harian pada anak-anak.

Kandungan normal pada tubuh Anda mencapai 60 persen. Apabila kekurangan cairan, tubuh tidak akan berfungsi dengan baik.

4 dari 7 halaman

3. Memelihara Otot Tubuh

Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah mampu memelihara otot tubuh Anda. Kandungan protein di dalam ikan gabus sangat penting dalam pembentukan otot Anda.

Protein dalam ikan merupakan salah satu yang terbaik untuk tubuh Anda. Kandungan dalam ikan gabus mampu mengalahkan protein dari ayam, daging sapi, ikan air tawar, bahkan beberapa jenis ikan laut.

Walau ikan gabus memiliki gizi lebih baik dibandingkan ikan salmon, kansungan protein ikan gabus masih kalah dibandingkan ikan salmon. Ikan gabus bisa menjadi pilihan menu ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh Anda. 

5 dari 7 halaman

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang tinggi. Mengonsumsi ikan gabus baik untuk sistem pencernaan tubuh Anda.

Ikan gabus memiliki tekstur yang empuk dan mudah dicerna di dalam pencernaan tubuh Anda. Memiliki tekstur yang empuk, ikan gabus tidak membuat sistem pencernaan tubuh Anda bekerja terlalu keras.

Ikan gabus memiliki kandungan protein kolagen sebanyak 3 sampai 5 persen.

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Proses Pertumbuhan

Mengonsumsi ikan gabus dipercaya berguna mendukung proses pertumbuhan. Ikan gabus sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak, ibu melahirkan, dan ibu menyusui.

Nutrisi yang ada di dalam ikan gabus mampu mencegah kekurangan gizi pada proses perumbuhan. Selain baik dikonsumsi untuk anak-anak, ikan gabus juga bisa membantu kebutuhan nutrisi untuk lansia.

7 dari 7 halaman

6. Mengatasi Hipoalbuminemia

Hipoalbuminemia adalah kondisi ketika kadar albumindalam darah di bawah batas normal. Kekurangan albumin di dalam tubuh Anda bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Kurangnya nafsu makan, edema, diare, mual, hipotens, penyakit kuning, dan masih banyak lagi adalah gejala-gejala hipoalbuminemia. Jika Anda mengalami hipoalbuminemia bisa memicu bermacam-macam penyakit seperti hipertirodisme, diabetes, sironis hati, gagal jantung, hingga penyakit lupus.

Dalam mengatasi kekuarangan albumin di tubuh Anda, ikan gabus bisa menjadi solusi pengobatan penyakit tersebut. Kandungan nutrisi pada ikan gabus mampu mengatasi gejala rendahnya kadar albumin di tubuh Anda.

Video Populer

Foto Populer