Sukses


8 Manfaat Olahraga, Meningkatkan Kesehatan Anda

Bola.com, Jakarta - Banyak manfaat yang diperoleh dari olahraga untuk kesehatan tubuh. Olahraga membantu hidup Anda lebih sehat dan bugar.

Dilansir dari laman Dokter Sehat, olahraga adalah gerakan oleh tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga melatih otot-otot, membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar.

Olahraga merupakan jenis kegiatan fisik yang baik untuk pikiran, tubuh, serta jiwa. Melakukan olahraga mampu menjaga kebugaran, kesejahteraan mental, serta interaksi sosial.

Olahraga secara rutin merupakan satu di antara langkah untuk mengantisipasi pencegahan memiliki risiko penyakit berbahaya dalam tubuh. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan semua umur.

Daniel Landers, profesor dari Arizona State University menyatakan olahraga dikatakan sebagai obat alami yang kemudian menginspirasi terciptanya terapi olahraga (sport therapy).

Olahraga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Lalu, apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh? Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat olahraga yang bisa diperoleh bagi kesehatan tubuh, Rabu (18/3/2020).

2 dari 9 halaman

1. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke adalah jenis penyakit kardiovaskular. Melakukan olahraga secara rutin mampu mencegah memiliki risiko penyakit jantung dan stroke.

Olahraga mampu meningkatkan kekuatan otot jantung, menurunkan kadar tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Rutin berolaharaga selain untuk kebugaran, mampu meningkatkan kerja jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

3 dari 9 halaman

2. Membuat Tubuh Lebih Tegap

Melakukan olahraga akan merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga akan menjadi lebih elastis dan tidak kaku.

Olahraga bermanfaat untuk membantu proses perkembangan tumbuh tubuh. Rutin melakukan olahraga akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.

4 dari 9 halaman

3. Mengurangi Stres

Berolahraga dapat membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres. Berolahraga membantu mengatasi gejala-gejala kecemasan dan bisa menjadi alat yang potensial.

Dalam penelitian, rutin berolahraga menunjukan indeks kecemasan yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak pernah berolahraga. Olahraga efektif untuk mengatasi kecemasan dan stres.

Otak akan melepaskan banyak hormon, termasuk hormon endorphin dan neurotranamitter yang memengaruhi suasana hati.

5 dari 9 halaman

4. Menjaga Kualitas Tidur

Rutin berolahraga akan memperkuat ritme sirkandian. Olahraga membantu membuat tubuh Anda lebih segar di siang hari dang tidur nyenyak di malam hari.

Bagi yang memiliki masalah susah tidur, olahraga sangat dianjurkan untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam.

6 dari 9 halaman

5. Membantu Relaksasi

Padatnya rutinitas sehari-hari akan membuat lelah, pusing, bahkan menggangu waktu tidur. Banyak yang menyepelekan kurangnya waktu tidur yang cukup.

Kurangnya waktu tidur memiliki risiko terjangkitnya berbagai macam penyakit dan mental, termasuk tidak stabilnya emosi. Memiliki emosi yang tidak stabil akan memengaruhi hubungan dengan rekan kerja, keluarga, hingga gangguan psikis.

Melakukan olahraga akan merangsang proses relaksasi ketika tidur. Ketika berolahraga, meningkatkan suhu tubuh dan kualitas tidur Anda. Relaksasi akan memberikan ketenangan jiwa.

7 dari 9 halaman

6. Menambah Energi

Olahraga adalah aktivitas fisik yang menguras banyak energi. Di sisi lain, olahraga juga bisa menambah energi pada tubuh.

Olahraga teratur dapat memberikan tambahan energi pada penderita sindrom kelelahan kronis. Tentu saja pilihan jenis olahraga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, kebiasaan, serta faktor usia.

Berolahraga dengan intensitas rendah, seperti jalan santai mampu meningkatkan energi sebesar 20 persen.

8 dari 9 halaman

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat olahraga selanjutnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan berbagai macam penyakit. Olahraga mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhindar dari risiko kanker di masa mendatang.

Ketika berolahraga, ada peningkatan hormon-hormon baik dalam otak, seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon tersebut dipercaya memiliki peran untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Rutin melakukan olahrag, Anda akan menghasilkan hormon endorphin yang menghasilkan rasa gembira.

9 dari 9 halaman

8. Mencegah Hipertensi

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi di dalam tubuh dengan tekanan nilai 130/80 mmHg atau lebih. Hipertensi bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Hipertensi memaksa kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga tekanan darah di dalam tubuh tetap normal, lakukan olahraga rutin.

Olahraga secara rutin mampu menjaga tekanan darah dan terhindar dari penyakit kardivaskular. Selain olahraga, menjaga asupan makanan ke dalam tubuh juga membantu mencegah hipertensi.

 

Sumber: Mayo Clinic, Daily Entertainment, Alo Dokter

Video Populer

Foto Populer