Sukses


5 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat

Bola.com, Jakarta - Meski belum banyak penelitian mengenai hal ini, beberapa jenis makanan diyakini dapat menghilangkan jerawat dan membuat kulit wajah lebih bercahaya

Jerawat bak musuh yang harus dibasmi bagi sebagian orang. Pasalnya, jerawat kerap membuat orang kurang percaya diri.

Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, jerawat mungkin menjadi "makanan" sehari-hari lantaran begitu mudahnya jerawat timbuh, semisal di bagian wajah.

Alhasil, mengatasi dan menghilangkan jerawat menjadi tantangan tersendiri. Jika jerawat muncul, yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang adalah ingin menghilangkanya dengan segala cara, termasuk dengan obat-obatan.

Banyak obat yang beredar dan dipercayai dapat menghilangkan jerawat. Apalagi pada zaman modern ini, begitu banyak obat jerawat beredar di pasaran.

Namun, tidak selamanya menghilangkan jerawat dengan menggunakan obat-obatan kimia, aman bagi kesehatan tubuh.

Ada berbagai cara lain untuk menghilangkan masalah pada kulit yang satu ini, satu di antaranya adalah mengonsumsi makanan.

Bola.com merangkum dari Dailymash, enam jenis makanan yang dapat membantu menghilangkan jerawat, Rabu (25/3/2020).

2 dari 6 halaman

Makanan Kaya akan OMEGA-3, seperti Ikan dan Biji Flax

Diet sekarang ini cenderung lebih kaya akan asam lemak omega 6 yangbisa memicu respons peradangan dalam sistem tubuh.

Ketika kita mengonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung asam lemak omega-3, ditemukan dalam jumlah besar pada ikan berlemak seperti salmon, mackerel, ikan sarden, dan ikan bass, atau jika Anda seorang vegetarian, dapat mencoba biji rami atau kacang walnu, sistem tubuh dapat melawan peradangan secara lebih efektif untuk mencegah atau mengurangi masalah jerawat.

3 dari 6 halaman

Teh Hijau

Teh hijau telah terbukti memiliki manfaat bagus terhadap masalah jerawat menurut penelitian di Korea Selatan dan Internasional lainnya.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa teh hijau kaya akan senyawa antioksidan seperti EGCG yang telah terbukti dapat melawan peradangan secara drastis, baik ketika dikonsumsi secara internal sebagai minuman dan dioleskan secara langsung ke area kulit dengan kain atau kapas.

4 dari 6 halaman

Tiram

Tiram mengandung zinc (seng), mineral yang sangat efektif untuk mengendalikan jerawat pada pria dan wanita. Ada beberapa cara mendapatkan khasiat tiram, baik dalam bentuk suplemen, tetapi yang terbaik adalah mengonsumsi secara langsung karena suplemen seng dalam dosis besar, melebihi 100 mg per hari, dapat menyebabkan efek samping seperti sakit perut.

Makanan lain yang kaya akan seng adalah daging sapi panggang (jika organik lebih baik), serpihan gandum dan minyak gandum, biji semangka kering, dan biji labu bakar.

5 dari 6 halaman

Jus Buah dan Sayuran

Jus segar buatan sendiri dari buah-buahan dan sayuran sangat bagus untuk memerangi jerawat karena mengandung banyak nutrisi yang memerangi peradangan dan mengeluarkan racun dari tubuh yang dapat memicu jerawat.

Sayuran berdaun gelap dan buah jeruk serta sayuran seperti wortel dan squash sangat baik untuk kulit berjerawat karena tingginya vitamin A, C, E dan mineral lainnya yang dapat membantu mengendalikan jerawat.

Berry ungu tua juga bagus untuk dikonsumsi dalam diet Anda melawan jerawat dan peradangan.

6 dari 6 halaman

Probiotik

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa jerawat dan peradangan pada saluran usus kita terkait erat, karena tingginya jumlah racun dan bakteri jahat yang melebihi bakteri baik dan menguntungkan dalam sistem pencernaan kita.

Satu-satunya cara untuk mencegah mereka keluar dari kendali dan menyebabkan peradangan dan jerawat, adalah menyeimbangkan sistem bakteri internal kita dengan pengenalan bakteri baik seperti probiotik dan enzim pencernaan.

Sumber alami probiotik yang baik adalah kambing, domba, kefir, cokelat hitam, sup miso, tempe, mikro-ganggang, rumput laut, dan teh kombucha.

 

Sumber: Dailysmash

Video Populer

Foto Populer