Sukses


BERITA INFOGRAFIS: Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Penularan Virus Corona COVID-19

Bola.com, Jakarta - Mencegah virus corona COVID-19 dapat dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari meliputi pola hidup sehat, menjaga kebersihan, konsumsi makanan sehat, olahraga, hindari interaksi secara langsung, dan banyak lagi lainnya.

Salah satu yang terbukti cukup ampuh adalah dengan mencuci tangan. Mencuci tangan adalah tindakan yang cukup mudah untuk dilakukan. Banyak tidak diketahui, terdapat beberapa langkah dalam mencuci tangan yang benar.

Mencuci tangan yang benar dapat membunuh kuman secara ampuh, serta mencegah persebaran virus corona COVID-19. Cara yang baik untuk mencuci tangan yang benar adalah dengan membersihkan seluruh bagian tangan.

2 dari 3 halaman

Langkah Mencuci Tangan

Langkah pertama mencuci tangan yang benar agar mencegah persebaran virus corona COVID-19 adalah dengan membasahi tangan dengan air mengalir terlebih dahulu. Kemudian tuangkan sabun secukupnya pada telapak tangan. Setelah itu, gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya.

Setelah telapak tangan, lalu gosok punggung tangan dengan bergantian. Gosok secara menyeluruh untuk memastikan kuman, bakteri, dan virus tersebut mati.

Setelah selesai, gosok sela-sela jari. Gosok semua jari tanpa terkecuali secara menyeluruh. Lalu bersihkan punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan. Kemudian berpindah pada kedua ibu jari.

Genggam ibu jari dengan posisi memutar. Setelah itu, gosok ibu jari pada tangan yang lain. Langkah yang terakhir yaitu gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun

Setelah selesai, cuci kembali tangan dengan air bersih yang mengalir hingga tidak ada sisa sabun yang menempel pada kedua tangan.

Cuci tangan hingga tidak terasa licin kembali. Setelah dirasa cukup, kemudian keringkan tangan menggunakan tisu bersih. Jangan lupa untuk mematikan keran air dengan menggunakan tisu. Dengan rajin mencuci tangan, maka kita dapat mencegah persebaran virus corona COVID-19.

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus coorona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

3 dari 3 halaman

Berikut Ini Video 5 tips menjaga kondisi mental saat menjalani social distancing pandemi corona COVID-19

Video Populer

Foto Populer