Sukses


Tata Cara Masuk ke Rumah Setelah Bepergian saat Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona memaksa orang untuk lebih memperhatikan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Lengah sedikit saja, kita bisa berpotensi terinfeksi virus yang muncul Desember 2019 ini.

Beragam cara agar terhindar dari COVID-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2 telah disampaikan baik oleh pemerintah maupun pakar kesehatan hingga institusi-institusi seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Yang paling mendasar adalah menjaga kebersihan diri, seperti dengan rajin mencuci tangan, rutin mandi, mengganti baju, dan lain sebagainya.

Selain itu, melakukan karantina mandiri selama minimal 14 hari dan menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.

Masih banyak lagi upaya lain untuk mencegah penyebaran virus yang ditemukan di Wuhan, China ini.

Terkait karantina mandiri, kita disarankan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Apabila tidak terpaksa, tidak keluar rumah.

Sejatinya, orang sehat atau tidak terinfeksi virus corona, tetap diperbolehkan keluar rumah dengan beberapa catatan, seperti berolahraga dan membeli bahan kebutuhan dasar.

Namun, tak dimungkiri, tak semuanya bisa mematuhi imbauan tersebut. Ada situasi yang memaksa seseorang harus tetap beraktivitas di luar rumah, semisal harus tetap bekerja seperti biasa.

Demi mencegah diri Anda terinfeksi dan juga mencegah Anda tidak menularkan virus corona pada orang terkasih di rumah, berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber tata cara masuh rumah setelah bepergian selama masa pandemi virus corona, Kamis (2/4/20200.

2 dari 2 halaman

Tata Cara Masuk ke Rumah setelah Bepergian

  • Begitu tiba di rumah, hindari menyentuh apa pun
  • Buang masker atau cuci masker setelah digunakan bepergian
  • Melepas sepatu sebelum masuk ke rumah
  • Menaruh barang-barang, seperti tas, dompet di tempat khusus yang diletakkan di dekat pintu
  • Melepas pakaian dan segera masukan ke dalam keranjang cucian terpisah
  • Segera mandi
  • Bila tak segera mandi, segera cuci tangan sesuai aturan dan semua area kulit yang terkena paparan udara luar
  • Membersihkan ponsel atau kacamata dengan disinfektan atau alhokol
  • Bersihkan semua permukaan benda yang Anda bawa bepergian dengan disinfektan

Sumber: Berbagai sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer