VIDEO: 6 Cara Menurut WHO untuk Atasi Stres karena Pandemi Virus Corona / COVID-19

VIDEO: 6 Cara Menurut WHO untuk Atasi Stres karena Pandemi Virus Corona / COVID-19

- Pandemi virus corona / COVID-19 bisa membuat seseorang menjadi stres. Salah satunya mungkin karena harus berada di rumah dalam waktu cukup lama. WHO (World Health Organization) memberi beberapa cara untuk mengatasi stres dalam keadaan seperti sekarang ini. Apa sajakah itu?

Menurut WHO, wajar bagi seseorang merasakan tekanan, sedih, bingung, takut, atau marah dalam keadaan krisis yang melanda sebuah negara atau bahkan global di seluruh dunia seperti sekarang ini, menghadapi pandemi virus corona / COVID-19. Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan berbicara kepada seseorang yang menurut Anda diyakini bisa membantu. Menghubungi keluarga atau teman juga bisa menurunkan tingkat stres seseorang.

Pada saat pandemi seperti sekarang, orang-orang harus mengikuti anjuran untuk berada di rumah, #dirumahaja. Bila Anda seseorang yang terbiasa dengan kegiatan di luar rumah seperti bekerja, tentunya hal tersebut bisa membuat stres juga. Meski hanya berada di rumah saja, bukan berarti hanya bekerja-makan-tidur saja. Pola hidup sehat juga tetap perlu dilakukan, seperti makan makanan bergizi, tidur yang cukup, dan berolahraga. Tetap berkomunikasi dengan orang yang disayangi di rumah, atau menghubungi anggota keluarga yang lain via surat elektronik (e-mail) atau telefon, juga menunjang hidup yang sehat secara mental di rumah.

Hal penting lainnya yang diutarakan WHO terkait mengatasi stres adalah tidak menjadikan kegiatan merokok, minum minuman beralkohol, dan menggunakan obat-obatan sebagai "pelarian". Rokok, minuman alkohol, dan obat-obatan tidak beresep bukanlah cara mudah untuk menghilangkan tekanan. Bila Anda sudah tidak bisa mengatasi stres itu, bisa dengan menghubungi konselor atau petugas kesehatan mental.

Mencari tahu dan membaca informasi yang aktual dan terpercaya terkait stres dan tindakan pencegahannya juga menjadi hal penting lainnya. Sumber terpercaya tersebut bisa dari WHO atau badan kesehatan publik setempat atau negara.

Dalam video di atas dirangkum lebih sederhana dan praktis seoal 6 cara mengatasi stres menurut WHO dalam menghadapi pandemi virus Corona / COVID-19 seperti sekarang ini.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 01 April 2020, 18:10 WIB

Video Terkait

Spotlights