Sukses


5 Cara Atasi Gangguan Kesehatan Mental Selama Pandemi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Selain kesehatan fisik, penting untuk menjaga kondisi kesehatan jiwa di saat pandemi virus corona seperti sekarang ini. Ada beberapa hal, yang membuat Anda harus pula memperhatikan kesehatan mental, tidak hanya fisik.

Pandemi virus corona cenderung membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dengan ketidakpastian situasi, perubahan rutinitas sehari-hari, adanya tekanan keuangan, dan isolasi sosial.

Hal-hal itu memungkinkan Anda mengalami mengalami stres, kecemasan, ketakutan, kesedihan, dan kesepian. selama pandemi ini melanda.

Gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan dan depresi dapat memburuk jika Anda tidak bisa mengatasi hal tersebut. Butuh strategi untuk mengatasi gangguan jiwa agar hidup Anda terkendali secara baik dan sehat.

Menjaga pola tidur, makan makanan sehat, menghindari konsumsi tembakau dan alkohol, serta menenangkan pikiran dari informasi-informasi yang membuat Anda menambah cemas, bisa menjadi solusi, sehingga Anda akan merasa lebih tenang, nyaman, dan ceria.

Hal-hal ini bisa dicoba dipraktikkan untuk menjaga kesehatan jiwa selama pandemi COVID-19 melanda, seperti yang dirangkum Bola.com dari berbagai sumber, Senin (6/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tidur yang cukup sekitar 7-8 jam per hari wajib dipenuhi bagi orang dewasa dan lansia.

Sedangkan, usia anak-anak dan remaja harus cukupi waktu tidur mereka sekitar 9-12 jam per hari. Tidur cukup memang harus dibiasakan sebagai bagian dari menjaga kesehatan.

Memiliki waktu tidur yang cukup mampu mengeluarkan senyawa sitokin. Senyawa ini mampu memberikan efek perlindungan pada sistem imunitas tubuh dengan melawan peradangan dan infeksi serta menghalangi tubuh jatuh sakit.

3 dari 6 halaman

2. Makan Makanan Sehat

Makanan sehat adalah makanan yang seharusnya mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi agar dapat tetap sehat dan pertumbuhan dapat berjalan dengan optimal, seperti cukupi syarat makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna)

Pilih makanan sehat, seperti sayuran hijau, buah-buahan, hingga susu.

Anda bisa memilih makanan yang banyak mengandung vitamin C, karena sifat antioksidan yang tinggi untuk membantu tingkatkan sistem imunitas tubuh terhindar dari serangan berbagai penyakit, termasuk terinfeksi COVID-19.

4 dari 6 halaman

3. Hindari Tembakau dan Alkohol

Merokok bisa menjadi satu di antara faktor meningkatnya penyebaran virus corona. Terdapat fakta bahwa perokok lebih rentan terkena virus corona dan harus diwaspadai.

Merokok dapat meningkatkan risiko infeksi virus corona yang memperparah komplikasi penyakit akibat COVID-19. Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit paru-paru, karena COVID-19 mampu memengaruhi paru-paru.

Mengonsumsi alkohol juga dapat memperburuk keadaan dan akan memperburuk kondisi pasien COVID-19.

5 dari 6 halaman

4. Batasi Mendapatkan Informasi

Masyarakat harus bijak dalam memilih informasi terlebih khusus berita tentang virus corona. Salah mengonsumsi berita yang yang memuat informasi-informasi tentang virus Corona bisa menambah kecemasan.

Anda harus bijak dalam memilah informasi yang berhubungan dengan virus corona agar tidak menjadi korban berita rumor dan informasi palsu yang mampu memengaruhi kesehatan jiwa.

Batasi jarak sejenak dari informasi yang berlebihan dan pilih sumber yang akurat dan terpercaya.

6 dari 6 halaman

5. Menenangkan Pikiran

Sisihkan waktu untuk diri sendiri, beberapa menit untuk menyegarkan dan membantu menenangkan pikiran serta mengurangi kecemasan.

Anda bisa melakukan meditasi atau tai chi. Melakukan meditasi membuat Anda akan menjadi lebih fokus pada hal-hal yang sedang terjadi. Teknik meditasi yang bisa dilakukan adalah meditasi mindfull.

Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, mencoba seni beladiri seni beladiri dan senam kesehatan aliran halus dari Cina, Tai chi mampu mengembalikan mood dan memulihkan energi positif untuk menurunkan tingkat stres.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer