Sukses


8 Macam Olahraga Air yang Bikin Segar dan Menyenangkan

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan satu di antara kegiatan penting yang harus sering kita lakukan, terutama untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Banyak orang yang menjadikan olahraga sebagai hobi, karena olahraga merupakan kegiatan yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan memberikan efek positif tak hanya dari sisi fisik melainkan juga mental.

Dari berbagai macam jenis olahraga, kita mengenal olahraga air. Dari namanya saja, kita sudah mengetahui bahwa olahraga yang satu ini dilakukan di dalam atau di atas permukaan air.

Di Indonesia, mayoritas olahraga air bisa dilakukan sepanjang tahun. Berbeda dengan di negara yang punya empat musim, ada sumber air seperti danau atau sungai menjadi beku sehingga olahraga air yang dilakukan dalam ruangan bisa jadi opsi tepat.

Ada banyak jenis olahraga air, beberapa di antaranya seperti kayaking, jetski, dan parasailing. Anda dapat mencobanya dengan atau tanpa panduan dari yang lebih berpengalaman.

Bola.com telah merangkum dari beberapa sumber, 10 macam olahraga air yang bisa rutin atau sesekali Anda lakukan karena bisa menyehatkan dan menyegarkan baik fisik maupun mental, Kamis (16/4/2020).

2 dari 3 halaman

Jetski

1. Jetski

Olahraga satu sering dilakukan di pantai dan merupakan satu di antara olahraga air paling populer.

Jetski sangat cocok bagi mereka yang sangat suka bertualang dan olahraga yang membutuhkan adrenalin tinggi.

2. Kayaking

Berolahrga menggunakan kayak membutuhkan keseimbangan dan tenaga yang lumayan banyak dari tubuh bagian atas.

Mereka yang senang kayaking biasanya ingin menyendiri dan menikmati alam di sekitaran danau atau sungai.

3. Parasailing

Parasailing sering dilakukan di pantai dan saat musim kemarau atau panas tiba. 

Anda akan diikat bersama parasut dan ditarik dengan kecepatan cukup tinggi oleh perahu. Hal menyenangkan dari olahraga ini adalah Anda dapat melayang di udara dan menikmati pemandangan di sekitar pantai.

4. Arung Jeram

Olahraga air yang satu ini membutuhkan keberanian dan nyali besar. Arung jeram biasannya dilakukan di sungai yang memiliki aliran yang cukup kencang dan dapat membawa kita dengan kecepatan cukup tinggi.

Dengan kombinasi berbagai medan di sungai yang cukup ekstrem dan kecepatan aliran sungai yang deras saat melakukan arung jeram, kita dapat berputar dan terlempar ke sana kemari. Yang dibutuhkan adalah menjaga perahu kita agar tetap tegak dan tidak terbalik.

 

3 dari 3 halaman

Berselancar

5. Menyelam

Menyelam atau yang biasa disebut diving merupakan olahraga yang memerlukan keahlian berenang yang cukup tinggi dan fisik prima.

Anda dapat menikmati keindahan kehidupan bawah laut atau sungai saat melakukan olahraga ini.

6. Memancing

Saat Anda mencari daftar olahraga air, tidak akan lengkap rasanya jika memancing tidak ada di dalamnya. Mancing dapat dilakukan sebagai sarana hiburan dan sekaligus olahraga bagi kita.

Banyak kalangan menghabiskan banyak uang untuk membeli peralatan memancing. Coba untuk memancing di laut agar mendapatkan sensasi memancing yang cukup ekstrem, atau memancing di danau yang sangat membtuhkan kesabaran cukup besar.

7. Berselancar

Berada di atas ombak dengan mengendalikan papan selancar adalah olahraga yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Saat berselancar kita membutuhkan keseimbangan agar tidak terjatuh dari papan.

8. Ski Air

Keseimbangan kuat sangat diperlukan saat Anda melakukan olahraga ski air. Saat melakukan ski air, Anda akan berada di atas papan dan ditarik dengan cukup kencang oleh perahu.

Cipratan air saat Anda ditarik oleh perahu dan angin yang melewati tubuh, segera memberi efek segar.

 Sumber: The Most 10 dan Urby Republic

Video Populer

Foto Populer