Sukses


Mencermati 5 Penyebab Nyeri Badan

Bola.com, Jakarta - Badan terasa nyeri atau pegal bisa jadi hal yang normal. Apalagi bagi Anda yang seharian bekerja atau melakukan aktivitas fisik yang cukup padat.

Penyebab dari nyeri badan atau pegal dapat bermacam-macam, beberapa di antaranya Anda sedang stres dan kekurangan tidur.

Badan yang terasa nyeri dapat menjadi sinyal bahwa tubuh kita terlalu capek dan membutuhkan istirahat atau asupan makanan dan minuman.

Namun, ada beberapa penyebab rasa pegal dan nyeri yang dialami, berasal bukan dari kegiatan yang kita lakukan sehari-hari, terutama bagi mereka yang mengalaminya dalam kondisi yang cukup lama.

Hal tersebut mungkin bisa menjadi penanda Anda sedang memiliki masalah dalam tubuh.

Untuk mendapatkan kejelasan, Anda disarankan mengunjungi dokter agar tahu apa penyebab dari pegal dan nyeri yang Anda rasakan.

Berikut Bola.com telah merangkum dari Healthline, tujuh penyebab badan nyeri dan pegal yang berkelanjutan, Kamis (16/4/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Stress

1. Stres

Saat dalam kondisi stres, sistem tubuh Anda tidak dapat mengontrol respons terhadap peradangan. Akibatnya, tubuh tidak dapat melawan berbagai jenis infeksi dan penyakit seperti biasanya saat Anda tidak dalam keadaan stress.

Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh terasa pegal dan sakit, karena tubuh menjadi lebih rentan terhadap peradangan dan infeksi yang sulit untuk dikendalikan.

Ada beberapa gejala stres yang perlu Anda cermati dan waspadai, seperti denyut jantung yang cukup cepat dan tidak normal, peningkatan tekanan darah, dan getaran pada tubuh yang terasa tidak normal.

Jika Anda menganggap stres sebagai penyebab sakit badan yang Anda alami, buatlah perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi stres yang dapat menyebabkan sakit pada badan Anda.

2. Dehidrasi

Meminum air dengan porsi yang cukup merupakan hal penting yang harus Anda lakukan, karena air adalah unsur penting dalam sistem tubuh untuk menjaga kesehatan.

Tanpa asupan air yang cukup, tubuh tidak dapat melakukan berbagai proses penting dengan baik, termasuk pernapasan dan pencernaan.

Ketika Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, berbagai proses pekerjaan yang harus dilakukan tubuh tidak bekerja dengan baik dan dapat menyebabkan tubuh merasa sakit dan pegal-pegal.

3 dari 4 halaman

Kurang Tidur

3. Kurang Tidur 

Saat Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan badan secara keseluruhan. Anda memerlukan setidaknya 6-8 jam waktu tidur pada malam hari.

Jaringan sel-sel pada tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup, untuk membuat tubuh agar tetap sehat dan otak yang berfungsi dengan normal.

Tanpa memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, energi pada tubuh tidak terisi dengan penuh dan dapat menyebabkan beberapa gejala sakit terutama pegal-pegal dan sakit pada badan.

Ada beberapa gejala yang diakibatkan oleh kurang tidur, di antaranya sulit berkonsentrasi, kesulitan berbicara dengan benar, dan kesulitan memahami kata-kata lawan bicara.

Cobalah beberapa hal yang dapat membuat Anda tertidur dengan cepat, seperti melakukan kegiatan yang dapat memberi efek rileks pada badan dan meminum air hangat sebelum waktu tidur.

4 dari 4 halaman

Demam dan Flu

4. Demam dan Flu

Pilek dan flu merupakan infeksi virus yang menyebabkan peradangan pada tubuh. Saat infeksi menyerang, sistem kekebalan tubuh selalu berusaha untuk melawannya.

Peradangan yang terjadi pada dada, tenggorokan, dan paru-paru dapat terasa sangat menyakitkan, dan bahkan membuat seluruh badan terasa sakit dan pegal yang tidak mengenakan, karena tubuh berusaha melawan peradangan dan infeksi.

5. Anemia

Anemia biasanya terjadi pada seseorang yang tidak memiliki cukup sel darah merah dan tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga jaringan tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dengan cukup.

Anemia menyebabkan tubuh terasa lelah, pegal, dan sakit. Hal tersebut terjadi karena tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dengan maksimal.

Untuk menghindari anemia, cukupilah kebutuhan vitamin B12, zat besi, dan folat.

Sumber: Healthline

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer