Sukses


9 Cara Mudah Menghilangkan Cegukan

Bola.com, Jakarta - Anda pasti pernah mengalami cegukan. Cegukan atau singultus adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan bunyi khas seperti "hik" tanpa disengaja.

Cegukan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Ada yang disebabkan oleh masalah fisik, dan ada yang dipicu oleh kondisi emosional.

Dalam kebanyakan kasus, faktor gaya hidup dapat menyebabkan cegukan, seperti makan terlalu banyak atau terlalu cepat, meminum minuman berkarbonasi, menyantap makanan pedas, stres, terlalu bersemangat, hingga minum alkohol.

Dikutip dari WebMD, cegukan terjadi ketika ada kejang atau kontraksi secara tiba-tiba dan tak disengaja pada diafragma atau otot yang memisahkan rongga dada dari rongga perut.

Cegukan dapat terjadi selama beberapa detik atau menit (sementara) hingga lebih dari 48 jam (berkepanjangan).

Cegukan yang berlangsung lama juga bisa menjadi indikasi dari gejala penyakit serius. Bila mengalami cegukan berkepanjangan, Anda harus pergi ke dokter.

Cegukan bisa dialami mulai dari bayi hingga lanjut usia. Ketika Anda atau keluarga mengalami cegukan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, cara sederhana yang bisa Anda praktikkan untuk mengatasi cegukan, Kamis (16/4/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 10 halaman

1. Minum Air Hangat atau Dingin

Diketahui, air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga sirkulasi oksigen dalam tubuh lebih lancar. Selain itu, minum air es secara perlahan bisa menstimulasi saraf vagus.

3 dari 10 halaman

2. Akupresur

Akupresur atau gerakan menekan pada titik tertentu bisa diterapkan untuk menghilangkan cegukan. Tekan ujung spot akupresur tersebut dengan jari dan tarik untuk menstimulasi saraf vagus dan meredakan kejang diafragma.

4 dari 10 halaman

3. Bernapas dengan Kantong Plastik atau Kertas

Bernapas menggunakan kantong plastik atau kertas bertujuan untuk menahan napas. Cara ini untuk meningkatkan kadar karbondioksida.

Dengan bernapas menggunakan kantong plastih atau kertas, Anda sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan.

5 dari 10 halaman

4. Menelan Butiran Gula

Cara lainnya yang bisa Anda pilih untuk mengatasi cegukan dengan menelan butiran gula batu atau sesendok gula pasir. Kulum gula kurang lebih selama lima menit, kemudian bisa Anda telan atau keluarkan.

Cara ini dipercaya dapat merangsang otot diafragma yang tegang menjadi lebih rileks.

6 dari 10 halaman

5. Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Ketika cegukan, mengoleskan minyak kayu putih pada leher dan bagian perut dapat menjadi cara alternatif. Mengoleskan minyak kayu putih akan memberikan sensasi hangat.

7 dari 10 halaman

6. Menahan Napas

Menahan napas merupakan cara paling umum dan banyak diketahui untuk atasi cegukan. Cara ini dipercaya mampuh untuk menambah kadar karbondioksida dalam tubuh.

Tahan napas langsung, selama yang Anda kuat.

8 dari 10 halaman

7. Es Batu

Untuk mengatasi cegukan yang dialami, Anda bisa memanfaatkan es batu. Penggunaan es batu untuk menghilangkan cegukan secara terus menerus bisa secara perlahan meredakan ketegangan otot diafragma.

Hisap es batu hingga menyusut atau berkumur dengan air es selama 30 detik. Lakukan masing-masing cara di atas beberapa kali hingga cegukan hilang.

9 dari 10 halaman

8. Headstand

Headstand atau membalikkan tubuh memang tidak mudah. Ketika tubuh terbalik, peredaran darah dan oksigen akan terbalik dari bagian bawah tubuh ke arah kepala.

10 dari 10 halaman

9. Jeruk Nipis

Buah yang memiliki kaya kandungan vitamin C bermanfaat untuk atasi cegukan. Meminum langsung air perasan jeruk nipis akan menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer