Sukses


5 Cara Ini Bisa Membantu Anda Mendapat Tinggi Badan Ideal

Bola.com, Jakarta - Memiliki tinggi badan ideal menjadi idaman sebagian besar orang. Cara meninggikan badan secara alami menjadi pilihan karena tidak memiliki efek samping.

Tinggi badan merupakan salah satu di antara tolak ukur yang dapat menambah kepercayaan diri seseorang.

Tinggi badan berpotensi meningkat bagi Anda yang masih berada dalam masa puber. Pertumbuhan tinggi badan paling pesat terjadi bagi mereka yang berusia 16 hingga 18 tahun.

Di sisi lain, genetik adalah faktor utama yang menentukan tinggi badan.

Faktor lainnya yang bisa ikut menentukan tinggi badan adalah kecukupan nutrisi penting dan aktivitas fisik selama masa tumbuh kembang awal sampai pubertas berakhir.

Namun, jangan khawatir bagi Anda apabila pertumbuhan tinggi badan mulai berhenti. Ada beberapa cara yang diyakini bisa meninggikan badan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, lima cara untuk memiliki tinggi badan idaman, Senin (20/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Tidur Cukup

Pola tidur yang disarankan bagi remaja dan dewasa, berkisar 7-9 jam per hari. Pola tidur dinilai penting karena sangat berpengaruh pada kesehatan secara umum.

Sebab, tidur akan membuat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan manusia atau human growth hormone (HGH), sehingga tinggi tubuh bisa mengalami peningkatan.

3 dari 6 halaman

2. Rajin Berolah Raga

Rutin berolah raga adalah satu di antara cara meninggikan badan. Selain menjaga kesehatan, berolah raga bisa memperkuat otot, tulang, menjaga berat badan, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan manusia.

Jenis olah raga, seperti ompat tali, bersepeda, berenang, bermain basket dan tenis, lari atau berjalan kaki, yoga, push-up, serta sit-up dapat membantu meninggikan badan.

4 dari 6 halaman

3. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Protein, zat besi, kalsium, dan vitamin D penting untuk mendorong pertumbuhan jaringan otot, organ, tulang, kulit, dan gigi. Mineral ini dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan tinggi badan, menyusun tulang, dan dapat membantu perkembangan, memperkuat, dan memperpadat tulang.

Mengonsumsi makanan, seperti susu, daging, ikan, keju, sayuran hijau, olahan kacang kedelai, hingga sumsum tulang sapi baik untuk membantu mendapatkan badan yang ideal.

5 dari 6 halaman

4. Pola Hidup Sehat

Untuk memaksimalkan tinggi badan, pola hidup sehat yang dijalani juga akan membantu berat badan tetap ideal, pertumbuhan menjadi lebih optimal, dan membuat badan tampak lebih tinggi.

Anda perlu menghentikan kebiasaan tidak sehat seperti sering makan junkfood, merokok, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkhohol.

6 dari 6 halaman

5. Melatih Postur Tubuh yang Baik

Jika tubuh Anda bungkuk, akan membuat Anda terlihat buruk dan lebih pendek. Menjaga postur saat berdiri, duduk, dan tidur, adalah kunci untuk menjaga postur tubuh yang baik.

Selalu berdiri dengan tegak, lakukan gerakan menarik bahu Anda sedikit ke belakang, hal itu bisa membuat tubuh terlihat lebih tinggi.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer