Sukses


6 Buah Kaya Air yang Baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

Bola.com, Jakarta - Bulan suci Ramadan menjadi bulan yang selalu di tunggu-tunggu oleh umat muslim dis eluruh dunia. Pada 2020 ini bulan puasa akan jatuh mulai jumat (24/4/2020).

Ada beberapa yang harus dipersiapkan oleh umat muslim saat akan memasuki bulan Ramadan, satu di antaranya adalah kesiapan hati untuk menjalani puasa penuh selama 30 hari.

Apa lagi dalam kondisi saat ini, di mana sedang terjadi pandemi COVID-19. Anjuran physical distancing yang diberikan pemerintah membuat ibadah yang biasanya dilakukan secara bersama, harus dilakukan di rumah masing-masing.

Untuk tetap berada dalam kondisi yang sehat dan segar, saat sahur kita dianjurkan mengonsumsi makanan yang dipenuhi dengan nutrisi dan meminum air putih yang cukup.

Dengan menjaga kesehatan selama menjalani puasa, kita juga dapat menghindari tertular virus corona.

Saat menjalani puasa dari selesai waktu sahur hingga waktu berbuka, umat islam dilarang untuk makan dan minum.

Hal tersebut membuat kebanyakan orang terkadang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, karena tidak ada cairan yang masuk ke tubuh dan tubuh terus dipaksa bergerak untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Itulah mengapa saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk meminum air yang banyak agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Selain bisa mendapat cairan dari meminum air, tubuh bisa mendapat cairan yang terkandung dalam buah.

Ada beberapa buah yang kaya akan kandungan air, yang dapat Anda konsumsi saat berbuka puasa dan menghilangkan dehidrasi.

Selain mengandung banyak air yang dapat menhindarkan Anda dari dehidrasi, buah-buahan yang dikonsumsi tersebut juga dapat menjaga kesehatan tubuh di kemudian hari.

Berikut Bola.com merangkum dari Healthline, enam jenis buah kaya air yang baik Anda konsumsi saat berbuka puasa di bulan Ramadan, Selasa (21/4/2020).

2 dari 4 halaman

Semangka

1. Semangka

Semangka dikenal sebagai buah yang menyehatkan dan juga menyegarkan. Semangka kaya akan kandungan air.

Mengonsumsi satu potong semangka (154gram) mengandung air yang sama banyaknya dengan setengah gelas air (118ml). Kandungan air yang cukup banyak dalam semangka dapat menghilangkan dehidrasi saat Anda mengonsumsinya di waktu berbuka.

Di samping itu semangka mengandung serat dan beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, dan magnesium. Semangka juga mengandung rendah kalori. 

2. Stroberi

Buah yang mengandung banyak air berikutnya adalah stroberi. Buah ini mengandung banyak air sehingga dapat menambah kebutuhan cairan pada tubuh Anda.

Buah stroberi mengandung 91 persen air sehingga mengonsumsi stroberi dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian.

Selain itu, buah striberi juga mengandung banyak serat, antioksidan, dan beberapa nutrisi seperti vitamin C, mineral, mangan, dan folat yang dapat menangkal berbagai macam penyakit.

3 dari 4 halaman

Blewah

3. Blewah

Blewah bisa dibilang satu di antara buah yang wajib dihidangkan saat berbuka puasa. Biasanya buah ini dijadikan es buah atau dimakan begitu saja tanpa campuran apa pun.

Blewah merupakan buah-buahan yang sangat sehat dan memiliki kandungan air yang cukup banyak. Satu potong blewah (177gram) mengandung 90 persen air, yang sama banyaknya dengan setengah gelas lebih air.

Blewah kaya akan serat dan juga vitamin A. Serat dapat memberikan asupan makanan pada tubuh dan vitamin A bertugas membantu menjaga kekebalan tubuh.

4. Persik

Buah persik memiliki nutrisi dan dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi. Buah persik mengandung 90 persen air.

Selain itu buah persik dapat membantu menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh dengan kandungan nutrisi yang cukup padat seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan kalium.

4 dari 4 halaman

Jeruk

5. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang sangat terkenal akan kandungan berbagai nutrisi, khususnya vitamin C. Selain itu jeruk merupakan buah yang sangat lezat dan menyegarkan.

Dalam satu jeruk mengandung lebih dari setengah gelas air, beberapa nutrisi, dan juga serat. Satu di antara nutrisi yang paling penting dalam jeruk adalah vitamin C, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kandungan air yang cukup banyak dalam jeruk dapat menghilangkan dehidrasi dan kekurangan asupan cairan dalam sehari, khususnya saat berpuasa.

6. Tomat

Tomat mengandung banyak air yang dapat menghilangkan dehidrasi dan juga kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam satu buah tomat ukuran sedang, mengandung kurang lebih setengah gelas air (118ml). Tomat juga mengandung nutrisi seperti vitamin A dan C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

 Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer