Sukses


Mampu Menekan Kolesterol, Ini 6 Manfaat Menyehatkan Buah Alpukat

Bola.com, Jakarta - Alpukat merupakan satu di antara buah yang paling populer di dunia. Banyak orang yang memanfaatkan alpukat sebagai bahan makanan dan minuman.

Tak hanya lezat, buah ini sangat baik bagi tubuh karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, B, C, E, dan K, karbohidrat, protein, folat, dan magnesium. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

Alpukat dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung karena kandungan sterol yang ada di dalamnnya.

Selain mengandung banyak nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh, alpukat digemari banyak kalangan karena memiliki rasa yang enak dengan tekstur lembut seperti krim.

Buah ini juga sering dijadikan sebagai sari obat untuk merawat kecantikan dan kulit oleh kaum wanita. 

Dengan kandungan nutrisinya, ada beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi alpukat, satu di antaranya menurunkan kolesterol.

Berikut Bola.com merangkum dari Lifehack, enam manfaat buah alpukat bagi kesehatan, Selasa (21/4/2020).

2 dari 4 halaman

Menurunkan Kolesterol

1. Menurunkan Kolesterol

Alpukat menganduk lemak tak jenuh yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi irisan atau segelas jus alpukat dapat memenuhi 32 persen kebutuhan lemak dalam sehari.

Lemak tak jenuh sangat baik bagi tubuh karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dapat memberikan efek baik bagi kesehatan karena bisa menurunkan risiko terkena penyakit stroke dan jantung.

2. Meningkatkan Daya Kerja Otak

Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam alpukat, seperti asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang sangat baik untuk membantu kinerja otak.

Kedua nutrisi tersebut meningkatkan suplai darah ke korteks pre-frontal, yang merupakan daerah di dalam otak yang bertugas dalam pengambilan keputusan dan pikiran kritis.

3 dari 4 halaman

Menjaga Gula Darah

3. Menjaga Gula Darah

Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat mengontrol gula darah di dalam tubuh dan membantu melawan resistensi pada insulin.

Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan menyebutkan, orang yang mengonsumsi alpukat saat sarapan atau makan siang dapat memiliki rasa kenyang yang lebih lama sehingga mengurangi rasa lapar, yang terkadang menyebabkan kita mengonsumsi makanan berlebihan yang dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Mata 

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, serta merupakan karoten yang baik dalam menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko mata terkena beberapa penyakit.

Mengonsumsi alpukat secara rutin setiap hari juga dapat melindungi mata dari gelombang cahaya yang dapat merusak mata.

Konsumsilah alpukat yang tidak diberi bahan campuran untuk mendapatkan khasiatnya dengan maksimal.

4 dari 4 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang berusaha dalam menurunkan berat badan, carilah alpukat dan mengonsumsi secara rutin, karena alpukat dapat membantu usaha Anda menurunkan berat badan.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh, sehingga memasukkan alpukat ke menu diet dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar.

6. Lebih Banyak Mengandung Potasium daripada Pisang

Potasium adalah satu di antara mineral yang sangat penting, namun terkadang orang tidak dapat mendapatkannya begitu saja.

Dengan mengonsumsi alpukat, Anda dapat mendapatkan 14 persen potasium yang di ekomendasikan untuk tubuh. Nilai tersebut lebih besar daripada pisang yang mengandung sebesar 10 persen potasium

Memiliki asupan potasium yang cukup tinggi dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko terkena penyakit stroke, serangan jantung dan juga gagal ginjal.

Sumber: Lifehack

 

Video Populer

Foto Populer