Sukses


5 Jenis Makanan yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah

Bola.com, Jakarta - Memiliki kadar gula darah yang tinggi dapat menaikan risiko terkena berbagai macam penyakit kronis, khususnya penyakit diabetes.

Diabetes adalah penyakit di mana kadar gula yang ada di dalam darah melebihi batas normal dan tubuh kita tidak menghasilkan insulin dengan cukup baik.

Kadar gula darah dalam tubuh dipengaruhi gaya hidup yang tidak sehat, khususnya pola makan yang terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung gula.

Dengan hal itu, sangat baik bagi kita untuk menjaga asupan makanan dan mengontrol menu makanan setiap harinya, khusunya bagi mereka yang memiliki gejala diabetes atau bahkan yang telah memilikinya.

Dengan mengatur makanan yang dikonsumsi, kita dapat mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes. Selain itu, memeriksakan kadar gula darah secara rutin dapat membantu Anda.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu Anda mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan gula darah ini penting bagi Anda, yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Secara khusus, bagi mereka yang telah memiliki diabetes, tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan karena dapat memengaruhi kondisi kesehatan.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti brokoli, bayam, dan alpukat dapat membantu usaha Anda dalam menurunkan kadar gula darah.

Berikut Bola.com merangkum dari Lifehack, tujuh jenis makanan yang dapat membantu menurunkan gula darah, Rabu (22/4/2020).

2 dari 5 halaman

Bayam

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung asam amino dan banyak serat. Bayam juga kaya mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Berbagai mineral dan zat yang tergandung dalam bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan sebagai sumber serat yang baik untuk menurunkan kadar gula darah.

Serat, protein, dan mineral adalah tiga komponen yang secara signifikan dapat membantu menyeimbangkan kadar insulin dan membantu tubuh mendapatkan lebih banyak gizi.

Anda dapat menambahkan bayam dalam salad, sup, tumis, atau smoothie yang Anda buat. Carilah daun bayam yang masih segar dan berwarna hijau.

2. Alpukat

Alpukat adalah satu di antara makanan super karena memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah ini juga sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah.

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, alpukat mengandung serat, asam amino, vitamin B, dan berbagai mineral, seperti magneisum dan kalium.

Dengan berbagai komponen yang terkandung dalam alpukat, buah ini sangat baik untuk dijadikan makanan pengganti bagi mereka yang memiliki diabetes, di mana pengidap penyakit tersebut sangat dibatasi mengonsumsi makanan agar kadar gula darah tidak terus meningkat.

3 dari 5 halaman

Brokoli

3. Brokoli

Brokoli memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Satu di antara manfaat brokoli adalah dapat menurunkan kadar gula darah.

Sayuran ini merupakan sumber serat yang dapat memperlambat pelepasan gula dari makanan yang kita konsumsi ke sel yang ada pada tubuh.

Bahkan, walau kita tidak memakan gula secara langsung, semua makanan yang dikonsumsi akan berubah menjadi gula dan memberikan tambahan energi pada tubuh.

Penting dilakukan agar banyak mengonsumsi sumber makanan yang dapat memperlambat pelepasan gula dari makanan ke dalam sel, seperti brokoli, sehingga pelepasan gula akan lebih stabil setiap waktu dan bukan melepasnya dengan signifikan, seperti saat kita terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji.

4 dari 5 halaman

Almond

4. Almond

Kacang almond memberikan lebih banyak kandungan protein dan serat daripada jenis kacang-kacangan yang lain.

Hal tersebut menjadikan kacang almond sebagai sumber makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah dan bahkan juga dapat menurunkan tekanan darah.

Dalam kacang jenis ini mengandung sedikit gula dan mengandung mineral, seperti kalium dan magnesium, yang dapat membantu Anda menurunkan kadar gula darah.

Anda dapat menjadikan almond sebagai camilan setiap saat. Potongan almond dapat Anda campurkan ke dalam salad, tumis, atau berbagai macam masakan lainnya.

5 dari 5 halaman

Biji Chia

5. Biji Chia

Ukuran biji chia memang sangat kecil, namun sumber makanan yang berasal dari Amerika Tengah ini mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Biji chia mengandung asam amino, proten, dan serat yang cukuo tinggi. dan dapat menurunkan kadar gula darah. Biji chia juga mengandung zat besi, kalsium, dan magnesium.

Anda dapat mecampurkan biji chia ke dalam berbagai masakan atau roti yang Anda buat. Biji chia tidak memiliki rasa yang kuat sehingga tidak akan mengubah rasa masakan atau roti kesayangan Anda.

Sumber: Lifehack

Video Populer

Foto Populer