Sukses


Perlu Diwaspadai, 8 Jenis Makanan dan Minuman Ini Mengandung Gula Tinggi

Bola.com, Jakarta - Satu di antara cara menjaga tubuh agar tetap sehat adalah dengan menjaga asupan makanan ke dalam tubuh. Jenis makanan dan minuman yang sering kita konsumsi berkaitan erat dengan kondisi tubuh.

Dengan begitu, kita harus mengurangi mengonsumi makanan maupun minuman yang tak sehat. Satu di antara makanan dan minuman yang mungkin sering memicu munculnya penyakit adalah yang mengandung banyak gula.

Kandungan gula yang cukup tinggi dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah dalam tubuh, sehingga menaikkan risiko seseorang terkena beberapa penyakit, satu di antaranya adalah diabetes.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan berat badan bertambah dengan cepat dan menaikan risiko terkena obesitas.

Seseorang yang mengalami obesitas rentan terkena berbagai penyakit, yang terkadang juga dapat mengancam jiwa, seperti penyakit jantung.

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit kronis.

Secara khusus, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, namun bisa jadi Anda tidak menyangka makanan dan minuman itu memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Berikut Bola.com merangkum dari Healthline, Rabu (29/4/2020), delapan jenis makanan dan minuman yang mengandung gula cukup tinggi, yang perlu Anda ketahui.

2 dari 5 halaman

Saus Tomat

1. Saus Tomat

Saus tomat adalah satu di antara bumbu yang sangat populer, biasanya saus dijadikan campuran berbagai masakan atau cocolan.

Namun, saus tomat sebenarnya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Satu sendok saus tomat biasanya mengandung satu sendok teh penuh gula, sehingga Anda harus memperhatikan asupan saus tomat jika tidak ingin memakan terlalu banyak makanan yang mengandung tinggi gula.

2. Saus Barbeku

Saus ini juga merupakan bumbu yang cukup populer. Saus barbeku dapat dijadikan bumbu membuat hidangan daging dan dapat pula dijadikan cocolan.

Tetapi, seperti halnya saus tomat, saus ini juga mengandung banyak gula. Dalam dua sendok saus barbelu mengndung lebih dari 14 gram gula atau setara  tiga sendok makan gula.

Sebelum mengonsumsi saus ini, pastikan bahwa saus tersebut memiliki kandungan gula yang lebih sedikit, atau Anda kurangi komsumsinya.

3 dari 5 halaman

Jus Buah

3. Jus Buah

Seperti halnya buah utuh, jus buah juga mengandung beberapa vitamin dan juga mineral. Hanya, meski tampaknya merupakan pilihan yang sehat, vitamin dan mineral ini hadir dengan gula dalam dosis besar dan serat yang sangat sedikit.

Biasanya dibutuhkan lebih dari satu untuk mendapatkan secangkir penuh jus buah, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak gula dalam segelas jus daripada memakan buah dalam kondisi utuh.

Hal tersebut dapat menyebabkan Anda mengonsumsi lebih banyak gula dari yang seharusnya Anda dapatkan.

4. Minuman Berenergi

Berbagai kalangan sering menganggap bahwa mengonsumsi minuman berenergi adalah sesuatu yang baik, khususnya saat melakukan kegiatan berolahraga.

Namun, faktanya, minuman berenergi dirancang memberi bahan bakar untuk kegiatan yang dilakukan.

Dengan demikian, sebagian besar minuman berenergi mengandung gula yang cukup banyak, karena gula dapat diserap dengan cepat oleh tubuh dan mengubahnya menjadi energi.

4 dari 5 halaman

Susu Cokelat

5. Susu Cokelat

Susu cokelat merupakan jenis susu yang telah ditambahi bubuk kakai dan gula, sehinggar rasanya menjadi lebih lezat dan manis dari susu murni.

Susu adalah minuman yang memiliki kandungan nutrisi baik, khususnya kalsium. Namun, susu yang telah ditambahi dengan bubuk kakao dan gula, akan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Satu gelas susu cokelat atau sebanyak 230ml, mengandung dua sendok teh gula. Konsumsilah susu murni yang tidak memiliki campuran apa pun untuk menjaga asupan gula dalam tubuh.

6. Teh dalam Kemasan

Teh dalam kemasan memang sangat segar, apalagi diminum saat dalam keadaan cuaca panas dan matahari yang begitu terik. Namun, teh dalam kemasan cukup banyak mengandung gula.

Sebagian besar teh dalam kemasan yang dijual di pasaran mengandung 33 gram gula pada setiap 350ml. Hal tersebut kurang lebih sama kandungan yang ada di dalam minuman bersoda.

5 dari 5 halaman

Makanan Sereal

7. Makanan Sereal

Sereal merupakan jenis makanan yang banyak dkonsumsi saat pagi hari. Mengonsumsi sereal juga dapat disajikan dengan cepat dan mudah.

Namun, sereal yang Anda pilih dapat sangat memengaruhi konsumsi gula dalam tubuh, terutama jika Anda memakannya setiap hari. 

Beberapa sereal sarapan pagi, terutama yang disiapkan untuk anak-anak, mengandung gula tambahan. Beberapa mengandung 12 gram atau tiga sendok teh gula dalam porsi kecil yang biasa Anda makan.

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer