Sukses


7 Manfaat Labu Siam, Bisa Menjadi Menu Diet

Bola.com, Jakarta - Labu siam bentuknya mirip buah pir yang sangat populer di Indonesia. Labu siam, yang memiliki nama latin Sechium edule, rasanya manis.

Sayuran ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Labu siam merupakan satu di antara sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya.

Selain itu, labu siam memiliki beragam nutrisi seperti lemak, asam folat, vitamin B6, vitamin C, Vitamin K, Vitamin E, sodium, kalsium, zat besi serta magnesium. Lemak yang terdapat pada labu siam tergolong sebagai lemak baik dan tidak memiliki kolesterol jahat (LDL).

Labu siam juga mengandung mineral penting bagi tubuh, seperti protein, kaya akan serat, dan senyawa flavonoid. Sayuran itu memiliki tekstur daging buah yang berwarna putih, renyah, dan banyak kandungan air.

Labu siam baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang tua. Sayang jika manfaat bagi kesehatan tubuh dilewatkan.

Kaya akan serat di dalam labu siam, tentunya sangat cocok dijadikan menu pendamping untuk diet sehat Anda. Umumnya menjadikan sayuran ini sebagai bahan untuk membuat sayur lodeh, lontong sayur, tumis labu, lalapan, dan lain sebagainya.

Nah, kira-kira apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan? Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Minggu (3/5/2020), manfaat labu siam untuk kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

2 dari 4 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat labu siam yang paling terkenal adalah membantu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi labu siam  secara rutin bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Labu siam memiliki efek diuretik serta sifat antioksidan yang memiliki peran dalam penurunan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Selain itu, kandungan magnesium yang cukup tinggi pada labu siam sangat baik untuk pengidap hipertensi dan penting dalam menurunkan tekanan darah.

2. Menurunkan Berat Badan

Ketika Anda sedang menjalani program diet, mengonsumsi labu siam bisa menjadi satu di antara pilihan menu. Labu siam terbukti ampuh menurunkan berat badan.

Walau memiliki rasa manis, labu siam mengandung lemak dan kalori yang cukup rendah sehingga Anda dapat mengurangi penimbunan lemak di tubuh. Selain kaya akan serat, labu siam juga memberikan efek mengeyangkan.

3. Mencegah Sembelit

Kaya akan serat, mengonsumsi labu siam sangat cocok bagi anda untuk melancarkan pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit. Konstipasi atau sembelit dapat terjadi akibat kurangnya asupan berupa makanan berserat.

Selain kaya akan serat, kandungan air yang cukup banyak sangat baik untuk menjaga sistem  pencernaan dan mencegah sembelit.

Untuk mencegah agar sembelit tidak menimpa anda, rutinlah mengonsumsi labu siam.

3 dari 4 halaman

Menambah Stamina

4. Menambah Stamina

Manfaat selanjutnya dari labu siam adalah mampu menambah stamina tubuh. Kandungan senyawa elektrolit pada labu siam dibutuhkan oleh tubuh.

Labu siam merupakan satu di antara sumber elektrolit yang paling besar. Elektrolit terbesar dari labu siam bisa ditemukan dalam bentuk potasium ataupun kalium.

Rutin mengonsumsi labu siam dipercaya menjadi penambah stamina yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Dapat Mencegah Kanker

Labu siam memiliki sifat antiokdisan yang bisa menjaga sel-sel dalam tubuh dari kerusakan serangan radikal bebas. Kandungan senyawa flavonoid dalam bentuk apigenin dan luteolin yang berguna sebagai sifat antioksidan sangat baik menangkal radikal bebas dan membuang racun dalam tubuh sehingga tidak memberi dampak buruk pada tubuh.

Pengidap kanker direkomendasikan dokter mengonsumsi labu siam sebagai menu andalan. Selain itu, vitamin C dalam labu siam berperan menangkal zat berbahaya penyebab kanker.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Labu siam memiliki sifat antioksidan yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol. Kandungan homosistein yang berlebih di dalam jantung dapat ditekan dengan kandungan folat yang terdapat pada sayuran ini.

Kandungan folat dalam labu siam sebanyak 23%, selain itu juga ada kandungan vitamin B yang cukup besar yang dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kalori dalam labu siam juga terbilang cukup rendah, sehingga aman untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Rutin mengonsumsi labu siam diimbangi melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dapat menjaga jantung tetap sehat dan baik.

7. Mencegah Penuaan Dini

Labu siam dapat melawan radikal bebas dan juga ROS (Reactive Oxygen Species). ROS merupakan zat dari oksigen yang reaktif dan berbahaya bagi tubuh dan keduanya merupakan penyebab terjadinya penuaan dini.

Penuaan muncul sebelum waktunya bisa terjadi akibat pola hidup yang kurang sehat serta adanya paparan dari radikal bebas. Uuntuk mencegah penuaan dini Anda bia mengonsumsi labu siam.

Mengandung senyawa antioksidan, labu siam mampu menangkal radikal bebas yang menjadi satu di antara penyebab utama penuaan dini.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer