Sukses


6 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Bola.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, bangun lebih awal atau bangun pagi menjadi satu hal yang menyebalkan atau sulit dilakukan. Ada yang merasa lebih nyaman berada di tempat tidur untuk waktu lama.

Tidur terlalu larut juga dapat menjadi satu di antara faktor yang dapat membuat seseorang sulit bangun lebih awal, sehingga tidur tidak terlalu larut menjadi sebuah pilihan terbaik.

Meski terlihat cukup sulit, bangun pagi dapat memberikan berbagai manfaat bagi Anda dalam menjalani aktivitas seharian dan khususnya manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Produktivitas dalam melakukan kegiatas sehari-hari juga cukup dipengaruhi oleh waktu bangun. Makin awal bangun, makin banyak hal yang dapat kita lakukan.

Dengan berbagai alasan baik yang ada, disarankan bagi semua kalangan untuk selalu tidur tidak terlalu larut agar dapat bangun lebih awal dan mendapatkan berbagai manfaat bangun bagi.

Penasaran apa saja manfaat bangun pagi? Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/5/2020), enam manfaat bangun pagi bagi kesehatan fisik dan mental.

Ayo, mulai sekarang jangan malas bangun lebih pagi!

2 dari 4 halaman

Memberikan Pola Makan Sehat

1. Memberikan Pola Makan Sehat

Saat bangun lebih awal, kita punya waktu untuk melakukan sarapan. Sarapan atau makan pagi adalah hal yang cukup penting karena dapat memengaruhi kita dalam melewati hari.

Dengan sarapan, kita akan mempunyai energi yang cukup banyak untuk melakukan kegiatan.

2. Menenangkan Pikiran

Saat bangun lebih awal, Anda akan mendapatkan situasi yang masih sepi dan tenang, sehingga dapat melakukan meditasi untuk menenangkan diri dan pikiran.

Selain suasana yang tenang, udara pagi yang cenderung masih bersih dapat membantu Anda untuk melakukan meditasi sehingga suasana hati lebih tenang dan rileks.

3 dari 4 halaman

Dapat Berolahraga

3. Dapat Berolahraga

Beberapa alasan mengapa orang malas melakukan olahraga adalah harus bangun lebih pagi atau lebih awal, sehingga akhirnya jarang melakukan olahraga.

Ketika bangun lebih awal, banyak hal yang dapat Anda lakukan, satu di antaranya adalah olahraga. Melakukan aktivitas berolahraga secara rutin dapat menjaga tubuh tetap bugar dan sehat sepanjang waktu.

4. Meningkatkan Produktivitas

Seperti diketahui, banyak orang yang sukses menjalani hidup memiliki kebiasaan bangun lebih awal. Dengan bangun lebih awal, banyak yang dapat kita lakukan dan persiapkan untuk menjalani hari.

Selain itu, bangun lebih awal dapat membuat otak kita lebih fokus pada sesuatu hal, karena di pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk otak melakukan tugasnya, sehingga kita dapat berkonsentrasi dengan lebih mudah.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Kualitas Tidur

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagun lebih awal dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Hal tersebut dapat terjadi karena seseorang yang bangun lebih awal biasanya memiliki siklus tidur yang teratur.

Dengan memiliki siklus tidur yang teratur, dapat meningkatkan kualitas tidur, khususnya di malam hari, sehingga badan dapat terjaga kesehatannya dan menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

6. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Saat bangun lebih awal, kita tidak hanya bisa berolahraga, dan mempersiapkan makanan yang lebih sehat, sehingga dapat memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Namun, kita juga bisa mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi. Saat berjemur di bawah sinar matahari pagi, kita bisa mendapatkan asupan vitamin D yang dapat membantu tulang dan tubuh untuk menyerap kalsium.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer