Sukses


Jangan Langsung Dibuang, Kulit Semangka Punya 5 Manfaat Penting Ini

Bola.com, Jakarta - Buah semangka mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Rasa daging buahnya yang manis dan segar juga memiliki berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Umumnya orang hanya akan memakan daging buah semangka, yakni yang bagian merahnya saja, sedangkan bagian dalam kulit semangka, biasanya hanya dianggap sebagai sampah.

Padahal, kulit semangka juga memiliki khasiat untuk tubuh. Kulit semangka mengandung kadar kalori rendah, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, dan seng.

Setiap 3 cm kulit semangka mengandung 1,8 kalori. Selain itu, kulit buah semangka juga kaya nutrisi dengan klorofil, citrulline, lycopene, asam amino, dan flavonoid dan senyawa fenolik.

Anda dapat menikmati kulit semangka dalam bentuk smoothie dan selai, maupun digunakan sebagai campuran salad atau menambahkanya pada acar. Anda juga bisa mencampurkan kulit semangka dengan jus di pagi hari.

Mulai sekarang jangan langsung membuang kulit semangka. Nutrisi yang ada di dalam kulit semangka tak kalah penting dan dibutuhkan tubuh serta menyehatkan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, khasiat kulit semangka yang dapat Anda manfaatkan untuk kesehatan, Selasa (5/5/2020).

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kulit semangka mampu memberikan 30 persen lebih kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C dapat membantu merangsang produksi sel darah putih, garis pertama pertahanan terhadap infeksi dan patogen asing di dalam tubuh.

Hal ini dapat memberikan dorongan besar untuk sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan Libido Pria

Efek mengonsumsi kulit semangka ternyata bisa meningkatkan kinerja seksual. Kulit semangka dapat membantu pria mengatasi masalah disfungsi ereksi ringan sampai sedang, penyempitan pembuluh darah, sehingga memungkinkan aliran darah yang lebih baik ke area intim pria.

Untuk mendapatkan manfaat kulit semangka, cobalah memakannya bersama dengan jus lemon atau dengan memberikan bubuk cabai di atas kulit semangka.

3. Mengatasi Tekanan Darah

Kulit semangka sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi. Kandungan potasium yang sangat tinggi pada kulit semangka berfungsi sebagai vasodilator yang membantu mengurangi stres dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri.

Selain itu, kandungan citrulline pada kulit semangka dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil.

3 dari 3 halaman

Meningatkan Kebugaran saat Berolahraga

 4. Membantu Mengatasi Prostat

Sifat antioksidan pada kulit semangka dapat membantu menangkal kanker prostat. Kandungan likopen yang ada di dalamnya lebih tinggi daripada tomat atau buah lainnya.

Likopen berfungsi menjaga kesehatan kulit, jantung, dan menangkal kanker prostat. Selain itu, sifat diuretik dapat membantu menjaga saluran kemih agar tetap berfungsi dengan baik.

Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian hubungan kulit semangka dengan pencegahan kanker.

5. Meningatkan Kebugaran saat Berolahraga

Kandungan citrulline pada kulit semangka dapat meningkatkan kebugaran saat berolahraga, terutama untuk para atlet. Kandungan citrulline dapat membantu sintesis nitrat oksida dan meningkatkan aliran glukosa dalam otot.

Dalam studi Universidad Politectica de Cartagena Spanyol menyatakan bahwa, manfaat kulit semangka terhadap nyeri otot pasca olahraga. Selain itu, mengonsumsi kulit semangka mampu menurunkan tingkat stres dan rasa nyeri otot.

Ini disebabkan karena kandungan citrulline pada buah semangka secara utuh dapat membantu sintesis nitrat oksida dan meningkatkan aliran glukosa dalam otot rangka.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer