Sukses


Tips Aman Berolahraga Selama Puasa Ramadhan

Bola.com, Jakarta - Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar di tengah puasa Ramadhan seperti sekarang. Mulai mengonsumsi makan sehat saat sahur dan buka, maupun melakukan olahraga.

Saat berpuasa, tubuh sebaiknya tetap aktif bergerak dan bukan lantas menjadi alasan untuk bermalas-malasan.

Berbagai penelitian sudah memperlihatkan, melakukan olahraga secara rutin memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk tubuh, melainkan juga psikis.

Itulah mengapa, berolahraga sebaiknya tetap dilakukan, meski di masa bulan Ramadhan.

Berolahraga saat puasa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan berolahraga saat puasa memengaruhi biokimia otot dan metabolisme yang terkait dengan sensitivitas insulin dan kontrol yang stabil terhadap kadar gula darah.

Jika Anda tetap ingin sehat dan berenergi dengan melakukan olahraga meski saat puasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa berolahraga dengan aman.

Berikut hasil rangkuman Bola.com dari Fimela, Kamis (7/5/2020), tips melakukan olahraga dengan aman saat puasa Ramadhan.

2 dari 2 halaman

Pemilihan Waktu dan Perhatikan Kondisi Tubuh

Pilih Waktu yang Tepat

Jika hendak melakukan olahraga pada saat puasa, sebaiknya tetap memperhatikan waktu. Berolahraga sebelum berbuka sangat ideal untuk seseorang yang memiliki energi yang baik ketika melakukan latihan dengan perut kosong.

Konsumsi Makanan Sehat saat Sahur

Ketika waktu sahur, sebaiknya tetap melakukan sahur untuk mengisi energi yang digunakan untuk melakukan aktivitas selama berpuasa.

Nutrisi sehat dari makanan yang dikonsumsi saat saat sahur akan membuat seseorang lebih semangat untuk melakukan olahraga pada sore hari. 

Pastikan Tetap Terhidrasi

Tubuh yang memiliki cukup asupan air akan membuat lebih segar dan terhidrasi. Mengonsumsi cukup air memiliki banyak manfaat yang besar bagi kesehatan.

Selain untuk menjaga kesehatan otak dan membuang racun dalam tubuh, air dapat memberikan kita energi. Tubuh yang tetap terhidrasi membuat tubuh tetap segar dan tidak mudah letih.

Air dibutuhkan tubuh untuk membantu menyalurkan oksigen ke ke seluruh tubuh. Jika tubuh terhidrasi, akan membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan olahraga. 

Perhatikan Kondisi Tubuh

Melakukan olahraga membuat tubuh menjadi sehat, namun pertimbangkan kembali kondisi tubuh ketika hendak melakukan olahraga saat berpuasa.

Jika tubuh merasa letih dan merasa pusing, sebaiknya jangan melakukan olahraga. Selain itu, pilih olahraga ringan yang dapat dilakukan sendiri di rumah dan sekitar rumah.

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Gayuh Tri Pinjungwati. Published: 5/5/2020)

Video Populer

Foto Populer