Sukses


Perlu Dicermati, Ini 6 Faktor Penyebab Munculnya Penyakit Jantung

Bola.com, Jakarta Penyakit jantung biasanya tidak muncul secara tiba-tiba, namun selalu diikuti oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah faktor keturunan atau gaya hidup yang tidak sehat.

Jantung merupakan satu di antara organ vital yang harus selalu kita jaga kesehatannya. Sebab, memiliki jantung yang sehat akan sangat berpengaruh kepada kesehatan secara keseluruhan.

Organ jantung memiliki tugas memompa darah keseluruh tubuh. Darah yang dialirkan oleh jantung bertugas dalam membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Saat jantung tidak pada kondisi normal, hal tersebut dapat memengaruhi kinerja organ tubuh lainnya, khususnya otak yang sangat membutuhkan aliran darah yang kaya oksigen.

Keadaan jantung yang sehat dipengaruhi gaya hidup seseorang. Semakin sehat gaya hidup yang dijalani, maka dapat memengaruhi penurunan risiko munculnya penyakit jantung.

Mengonsumsi makanan sehat yang beruntrisi setiap hari dan melakukan aktivitas secara rutin, dapat menjadi beberapa hal yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan satu di antara penyakit yang paling berbahaya di dunia. Sehingga perlu dihindari dengan mengenali beberpa faktor penyebabnya.

Ada beberapa faktor yang perlu Anda cermati terkait penyebab munculnya penyakit jantung. Beberapa di antaranya adalah tekanan darah dan kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Berikut ini Bola.com merangkum dari berbagai sumber, enam faktor yang menyebabkan munculnya penyakit jantung.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tekanan Darah Tinggi

1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang cukup tinggi merupakan satu di antara faktor utama munculnya penyakit jantung. Sehingga perlu Anda waspadai hal apa yang dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Saat tekanan darah tinggi, hal tersebut membuat organ jantung menjadi bekerja lebih ekstra daripada biasanya. Tekanan darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.

Ada beberapa penyebab darah tinggi yang perlu Anda hindari sehingga tidak dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung, beberapa di antaranya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan makanan tidak sehat lainnya.

2. Kadar Kolesterol Tinggi

Saat Anda memilikir kadar kolesterol baik (HDL) cukup rendah dan kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan munculnya penyakit jantung.

Ketika kadar koleterol jahat tinggi di dalam tubuh, hal tersebut dapat menimbulkan plak yang dapat menghambat aliran darah kaya oksigen yang menuju jantung dan berbagai organ lainnya.

Sehingga bila hal tersebut dibiarkan akan meningkatkan munculnya penyakit jantung. Mengurangi konsumsi makanan berlemak dan jeroan, akan menurunkan risiko memiliki kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Terlalu Banyak Merokok

3. Terlalu Banyak Merokok

Seseorang yang terlalu banyak merokok, memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi daripada mereka yang jarang merokok atau bahkan tidak merokok sama sekali.

Hal tersebut karena rokok mengandung banyak bahan kimia berbahaya yang dapat menggangu daya kerja jantung. Satu di antaranya adalah nikotin yang bisa menyebabkan penyempitan dan pembekuan pada pembuluh darah.

Selain itu saat menghisap rokok, Anda memasukan karbon monoksida ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan pembuluh darah, dan dapat menimbulkan munculnya penyakit pada jantung.

4. Diabetes

Ketika seseoran memiliki penyakit diabetes atau kondisi di mana kadar gula dalam darah cukup tinggi, biasanya berbagai macam penyakit lainnya akan ikut muncul, satu di antaranya adalah penyakit jantung.

Penderita diabetes memiliki risiko yang cukup tinggi terkena penyakit jantung. Hal tersebut terjadi karena kadar gula dalam darah yang terlalu berlebihan dapat merusak pembuluh darah.

Oleh karena itu, hindarilah makanan yang dapat menyebabkan diabetes seperti makanan cepat saji dan minuman bersoda, sehingga risiko Anda terkena penyakit jantung akan berkurang.

4 dari 4 halaman

Pola Makan Tidak Sehat

5. Pola Makan Tidak Sehat

Memiliki pola makan yang tidak sehat dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena dalam makanan tidak sehat mengandung banyak zat berbahaya bagi tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, kue, permen, minuman bersoda, dan berbagai macam makanan berlemak dapat membuat tubuh mendapatkan banyak asupan lemak dan gula, ketimbang nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Hal tersebut sangat memengaruhi kesehatan jantung secara keseluruhan. Jadi mengurangi konsumsi makanan tidak sehat dan menggantinya dengan makanan bernutrisi akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

6. Kurang Melakukan Aktivitas Fisik

Kurangnya melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, dan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berdiam di satu tempat, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Saat seseorang tidak banyak melakukan aktivitas fisik, hal tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan jantung.

Selain itu ketika seseorang terlalu banyak berdiam di satu tempat, dapat menyebabkan aliran darah kaya oksigen yang menuju ke jantung menjadi terhambat atau tidak lancar.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Video Populer

Foto Populer