Sukses


6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati, Menghindari Depresi dan Stres

Bola.com, Jakarta - Suasana hati yang buruk atau biasanya disebut sebagai bad mood adalah suatu hal yang sering dialami banyak orang dan biasanya dapat mengganggu berbagai aktivitas yang dilakukan.

Ada berbagai hal yang dapat memengaruhi suasana hati. Beberapa di antaranya adalah, banyaknya pekerjaan yang tidak kunjung selesai atau siklus haid yang biasanya di alami oleh kaum wanita.

Selain itu faktor lingkungan seperti polusi suara dan badan yang cukup lelah, juga dapat memengaruhi suasana hati.

Ketika seseorang mengalami suasana hati yang sedang tidak baik, mereka akan cenderung mengonsumsi banyak makanan yang tidak sehat. Pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Suasana hati yang tidak dijaga akan semakin buruk dan dapat memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental, hal tersebut akan menimbulkan depresi dan stres.

Saat seseorang mengalami depresi yang diakibatkan oleh suasana hati yang tidak baik, hal tersebut dapat berpengaruh dengan kondisi kesehatan tubuh.

Ada berbagai jenis makanan yang dapat meningkatkan suasana hati dan perlu Anda konsumsi secara rutin untuk memperbaikinya, beberapa di antaranya adalah kerang, cokelat, dan asparagus.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, enam makanan yang dapat meningkatkan suasana hati.

Saksikan Video Pilihan Kami:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Cokelat Hitam

Saat Anda mengalami sedikit stres atau memiliki suasana hati yang tidak baik, mungkin beberapa teman Anda menyarankan untuk mengonsumsi cokelat agar suasana hati menjadi lebih baik.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu seseorang untuk meningkatkan suasana hati. Selain itu cokelat juga dapat memperlancar aliran darah dan membuat otak lebih fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Pilihlah cokelat hitam daripada cokelat susu. Meski rasa cokelat susu lebih lezat daripada cokelat hitam. Namun cokelat yang telah dimasukkan bahan campuran seperti susu, memiliki manfaat yang lebih sedikit daripada cokelat hitam.

 

3 dari 7 halaman

Asparagus

Asparagus biasanya dibuat sebagai makanan pendamping saat megonsumsi daging panggang atau salad. Mengonsumsi sayuran ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan suasana hati.

Asparagus mengandung senyawa tryptophan, yang dapat membantu menghasilkan zat serotonin di dalam otak, dan bertugas dalam menjaga suasana hati.

Selain itu asparagus juga mengandung mineral seperti folat. Mengonsumsi makanan yang mengandung folat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi.

4 dari 7 halaman

Kerang

Kerang adalah satu di antara banyak makanan yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan suasana hati. Anda dapat mengonsumsi kerang dalam berbagai jenis masakan.

Kerang kaya akan kandungan tiroid, mengonsumsi makanan mengandung tiroid seperti kerang dapat menjaga suasana hati atau meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Selain itu, kerang juga kaya akan vitamin B12 dan dapat membantu menyehatkan otak. Fungsi lainnya adalah menghindarkan otak dari berbagai masalah atau penyakit yang berkaitan dengan usia.

5 dari 7 halaman

Daging Sapi Organik

Kebanyakan daging sapi yang dijual di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan lainnya, biasanya di besarkan dengan cara diberi makan sari gandum dan tidak memiliki perawatan khusus.

Hal tersebut berbeda dengan daging sapi organik. Sapi yang menghasilkan daging organik biasanya diberikan perhatian khusus dan diberi makan rumput hijau yang dapat memberikan nutrisi lebih banyak. Tapi lemak lebih sedikit pada daging yang dihasilkan.

Daging sapi organik kaya akan kandungan omega-3 dan zat besi. Kandungan tersebut dapat membantu Anda dalam meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

6 dari 7 halaman

Telur

Telur mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa nutrisi tersebut adalah iodida, vitamin B, asam lemak omega-3, dan juga seng.

Berbagai kandungan tersebut terbukti dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, sehingga Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Anda dapat mengonsumsi telur pada saat sarapan di pagi hari. Anda dapat mengolahnya sebagai telur goreng dan rebus, atau mecampurkannya pada berbagai jenis masakan.

 

7 dari 7 halaman

Pisang

Pisang adalah buah yang menyehatkan bagi tubuh. Mereka kaya akan kandungan nutrisi. Selain itu mengonsumsi pisang secara rutin juga dapat membantu dalam memperbaiki suasana hati.

Pisang mengandung vitamin B6 dan triptofan, yang dapat membantu otak dalam mengaktifkan zat serotonin, yang memiliki tugas untuk memperbaiki suasana hati.

Triptofan juga merupakan zat yang sering dijadikan bahan dasar untuk menyembuhkan depresi dan stres. Konsumsilah pisang secara rutin setiap hari selain dapat menjaga kesehatan mereka juga dapat membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Sumber: Daily Entertainment

Video Populer

Foto Populer