Sukses


Mulai Alpukat hingga Bayam, 6 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Pengidap Asma

Bola.com, Jakarta - Asma merupakan penyakit yang berkaitan langsung dengan sistem pernapasan. Memiliki sistem pernapasan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko terkena asma.

Saluran pernapasan seseorang yang mengidap asam sangat sensitif akan peradangan. Para pengidap penyakit ini biasanya mengalami kesulitan untuk bernapas atau sesak napas.

Hal tersebut dikarenakan asma dapat menyempitkan saluran pernapasan, yang diakibatkan peradangan dan pembengkakan, sehingga dapat menyebabkan pengidap asma menjadi sesak napas.

Ada berbagai penyebab munculnya penyakit ini, di antaranya seperti polusi udara, asap rokok, alergi terhadap makanan atau obat, dan pola makan yang tidak sehat.

Untuk saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan asma. Para pengidap asma dianjurkan selalu membawa inhaler untuk meredakan gejala asma, ketika penyakit tersebut kambuh.

Meski belum memiliki obat khusus untuk menyembuhkannya, ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi pengidap asma untuk meredakan gejalanya, seperti alpukat dan chia seed.

Berikut Bola.com merangkum dari beberapa sumber, enam jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita asma, Senin (11/5/2020).

2 dari 4 halaman

Alpukat

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena buah yang memiliki tekstur lembut ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak.

Alpukat mengandung lutathione, yang dapat menangkal radikal bebas penyebab terjadinya peradangan pada saluran pernapasan. Buah ini juga kaya kandungan vitamin E, yang dapat membantu meredakan iritasi pada paru-paru penyebab munculnya asma.

Untuk meredakan penyakit asma, Anda dapat mengonsumsi buah alpukat secara langsung atau membuatnya sebagai jus. Untuk mendapatkan manfaatnya dengan baik, usahakan untuk tidak menambah banyak bahan campuran pada alpukat.

2. Kale

Kale adalah satu di antara jenis sayuran hijau yang memiliki nutrisi yang cukup banyak sehingga baik dikonsumsi secara rutin setiap hari untuk menjaga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sayuran satu ini dapat membantu meredakan penyakit asma, karena kale kaya kandungan vitamin C yang dapat mengurangi ketegangan otot pada saluran pernapasan.

3 dari 4 halaman

Bayam

3. Bayam

Seperti halnya kale, bayam juga merupakan sayuran hijau yang sangat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan zat yang cukup tinggi. Anda dapat memasukan bayam ke daftar menu makanan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Bayam juga dapat meredakan berbagai masalah kesehatan, satu di antaranya adalah asma, karena bayam mengandung banyak zat seperti vitamin C, vitamin E, dan beta karoten.

Mengonsumsi berbagai macam sayuran yang mengandung beta karoten dapat meredakan dan mencegah munculnya asma. Anda dapat mengonsumsi bayam sebagai campuran salad atau smoothie yang menyegarkan.

4. Jahe

Jahe merupakan satu dari sekian rempah-rempah yang dapat dijadikan obat alami sebagai pereda dan penangkal berbagai macam penyakit berbahaya.

Jahe dipercaya dapat menjadi obat anti-asma yang cukup ampuh. Selain itu jahe merupakan obat alami yang berasal dari tanaman herba sehingga tidak terlalu memiliki efek samping dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.

Sifat antioksidan yang dimiliki jahe dapat mengurangi paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan dan memunculkan penyakit asma.

4 dari 4 halaman

Kunyit

5. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga merupakan ramuan herbal alami yang sering dijadikan sebagai obat nonkimia yang dapat meredakan berbagai masalah kesehatan.

Mengonsumsi kunyit secara rutin dapat memperlancar aliran darah dan melemaskan otot-otot yang tegang, sehingga mengurangi risiko munculnya penyakit asma.

Kunyit dapat dikonsumsi dengan cara diminum estraknya atau mencampurkan bubuk kunyit ke berbagai jenis minuman yang biasa Anda minum.

Ramuan herbal alami ini tidak terlalu banyak memiliki efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Pisang

Pisang merupakan buah yang cukup populer bagi sebagian besar pengidap asma. Pisang dapat mengurangi gejala asma seperti mengi, yakni gejala di mana keluar suara dari saluran pernapasan yang sulit mengeluarkan udara akibat tersumbat.

Pisang mengandung asam fenolik yang bertugas melawan peradangan penyebab munculnya penyakit asma. Pisang juga mengandung kalium yang dapat menyehatkan kondisi paru-paru.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer