Sukses


5 Manfaat di Balik Manisnya Kelengkeng, Perkuat Tulang dan Cegah Penuaan Dini

Bola.com, Jakarta - Kelengkeng yang memiliki nama latin Dimocarpus longan Lour adalah jenis buah yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis Asia. Buah kecil dengan rasa manis ini dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh hingga meredakan peradangan.

Kelengkeng sering disebut sebagai saudara buah leci karena bentuk, rasa, dan ukuran sangat mirip dengan buah leci. Kelengkeng memiliki warna kulit cokelat dengan tekstur yang lebih halus.

Kelengkeng dapat dimakan langsung, dijadikan jus, smoothie, es buah, puding atau berbagai olahan lainnya. Kelengkeng merupakan buah yang rendah kalori dan karbohidrat, bahkan tidak mengandung lemak.

Kelengkeng mengandung banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, seng, magnesium, potassium dan juga asam tanik.

Kelengkeng juga menyediakan hampir 40 persen dari konsumsi harian vitamin C yang direkomendasikan.

Selain itu, manfaat kelengkeng berasal dari kandungan fruktosa yang merupakan senyawa, yang mampu membantu kadar gula dalam darah.

Walau memiliki segudang manfaat, perlu diingat bahwa penting untuk tetap menjaga jumlah konsumsinya.

Lantas apa saja manfaat kelengkeng yang bisa Anda dapat? Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, manfaat kelengkeng yang penting untuk kesehatan, Selasa (12/5/2020).

2 dari 4 halaman

Menjaga Berat Badan

1. Menjaga Berat Badan

Jika Anda memiliki berat badan berlebih dan ingin mencapai berat badan ideal, satu di antara cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung tinggi kalori. Kelengkeng bisa Anda jadikan sebagai bagian dari menu diet.

Kelengkeng tidak mengandung banyak kalori. Dalam 100 gram kelengkeng hanya terdapat sekitar 200 kalori.

Kelengkeng juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi buah ini mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan dapat menjaga berat badan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kelengkeng dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menyehatkan pembuluh darah. Kelengkeng memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit jantung akibat rusaknya dinding pembuluh darah.

Kandungan vitamin C pada kelengkeng berfungsi memperbaiki dinding pembuluh darah dan menurunkan risiko serangan jantung.

3 dari 4 halaman

Memperkuat Tulang

3. Memperkuat Tulang

Manfaat selanjutnya dari kelengkeng adalah mampu meningkatkan kekuatan tulang. Mengonsumsi kelengkeng mampu memenuhi asupan akan kebutuhan tembaga harian.

Kekurangan tembaga di dalam tubuh secara signifikan akan lebih memungkinkan risiko terkena osteoporosis. Itulah mengapa, mengonsumsi kelengkeng mampu memenuhi kebutuhan tembaga hampir 90 persen dari angka kecukupan gizi per hari.

Buah ini juga mengandung zat fosfor yang berperan penting untuk kesehatan tulang.

4. Sebagai Antidepresan

Kelengkeng memiliki sifat antidepresan yang dapat bisa mencegah kecemasan hingga insomnia. Jika Anda memiliki rutinitas padat, tubuh akan menjadi rentan dan memicu terkena penyakit dan stress.

Mengonsumsi kelengkeng mampu memberikan efek ketenangan saraf dan mencegah terjadinya rasa lelah yang berlebihan. Selain itu, senyawa polifenol dapat menghilangkan radikal bebas penyebab stres dan mengobati penyakit kelainan tidur.

4 dari 4 halaman

5. Mencegah Penuaan Dini

Dengan bertambahnya usia, Anda tidak akan bisa menolak penuaan. Namun, Anda dapat mencegah penuaan terjadi lebih cepat dengan mengonsumsi kelengkeng.

Memiliki sifat antiaging, kelengkeng mampu meminimalkan pengelupasan dan retak pada kulit, serta memperbaiki warna kulit.

Vitamin C dengan jumlah tinggi yang terdapat dalam kelengkeng memiliki peran penting untuk sintesis kolagen yang dapat menjaga kulit tetap kencang dan sehat.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer