Sukses


6 Manfaat Ampuh Lidah Buaya, Sembuhkan Luka dan Mengatasi Jerawat

Bola.com, Jakarta - Lidah buaya atau yang biasa juga disebut aloe vera adalah satu di antara sekian banyak tanaman yang berguna bagi kesehatan dan perawatan kecantikan.

Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai cuaca dan tanpa memiliki perawatan yang khusus. Anda juga dapat dengan mudah mencari lidah buaya di pasaran.

Dengan kemudahan dalam mendapatkannya dan harga yang cukup terjangkau, menjadikan beberapa orang sering menggunakan tanaman ini untuk diambil manfaatnya. Apalagi, lidah buaya memang sudah terkenal dengan beragam khasiat dan manfaatnya,

Banyak produk perawatan kecantikan dan penyembuh luka yang memiliki bahan dasar lidah buaya berkat sifat antiinflamasi di dalamnya.

Ldah buaya mengandung banyak nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, antijamur, dan juga antioksidan.

Untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya ada berbagai cara. Anda dapat mengolahnya sebagai minuman, mengoleskan dagingnya pada kulit, atau menggunakan krim ekstrak lidah buaya.

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalamnya, lidah buaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/5/2020), enam manfaat ampuh lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan.

2 dari 4 halaman

Membantu Menyembuhkan Luka

1. Membantu Menyembuhkan Luka

Lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan luka gores akibat benda tajam atau terjatuh.

Hal ini tidak lepas dari sifat antiinflamasi yang dimiliki oleh lidah buaya, yang cukup efektif untuk melawan peradangan yang dapat menyebabkan luka menjadi tambah parah.

Untuk menggunakannya, Anda bisa memotong sebagian dari batang lidah buaya, dan mengoleskan dagingya yang berlendir ke permukaan luka.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa mengonsumsi jus lidah buaya dalam beberapa hari dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah, dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Dengan memiliki gula darah yang rendah atau terkontrol, Anda dapat menjauhi berbagai penyakit, satu di antaranya mengurangi risiko terkena diabetes.

3 dari 4 halaman

Membantu Mengatasi Jerawat

3. Membantu Mengatasi Jerawat

Satu di antara sekian banyak manfaat lidah buaya yang cukup populer adalah manfaatnya untuk mengatasi jerawat pada kulit karena sifat antiinflamasi di dalamnya.

Dengan sifat antiinflamasi, lidah buaya dapat mengatasi jerawat sehingga tidak meradang dan menjadi tambah parah.

Untuk menggunakan dan mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada jerawat di kulit, secara rutin setiap hari.

4. Menjaga Kesehatan Rambut

Banyak produk perawatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan pokok dalam pembuatannya. Hal tersebut karena lidah buaya sangat baik untuk merawat kesehatan rambut.

Kandungan yang ada dalam lidah buaya dapat membantu menghitamkan rambut, mengatasi kulit rambut kering, dan menghilangkan ketombe.

Anda dapat menggunakan berbagai produk perawatan rambut yang memiliki kandungan lidah buaya atau menggunakannya secara langsung dengan mengoleskan dagingnya pada kulit rambut.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Gigi

5. Menjaga Kesehatan Gigi

Anda dapat menggunakan jus lidah buaya dalam usaha Anda untuk merawat kesehatan gigi. Lidah buaya mengandung sifat antibakteri yang dapat mengurangi tumbuhnya bakteri pada mulut dan gigi.

Untuk menggunakan dan mendapatkan manfaatnya, Anda dapat berkumur dengan jus lidah buaya atau produk perawatan gigi yang mengandung ekstrak lidah buaya.

6. Mencegah Kanker

Satu di antara manfaat lidah buaya adalah dapat mencegah kanker karena memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas yang terlalu sering dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh, yang bisa mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit kanker.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer