Sukses


6 Manfaat Menyehatkan Sawi, Baik untuk Tulang dan Imunitas Tubuh

Bola.com, Jakarta - Seperti semua sayuran hijau, sawi memiliki nutrisi sehat bagi tubuh. Sayuran ini sangat cocok untuk pola makan sehat.

Sawi merupakan sekelompok tumbuhan yang berasal dari marga Brassica.

Sawi sangat mudah ditemukan dan memiliki harga terjangkau. Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing dengan sayuran hijau satu ini.

Jenis sayuran hijau ini sering digunakan sebagai pelengkap pada sajian bakso dan mie ayam.

Meski populer, masih banyak orang yang tidak menyadari manfaat sawi.

Beberapa kandungan yang bisa ditemukan di dalam sawi, seperti vitamin, mineral, dan serat makanan yang baik untuk pencernaan dan meningkatkan kualitas kesehatan.

Sawi mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan vitamin K, zat besi, sodium, kalium, serta fosfor. Semua kandungan tersebut juga mampu menangkal radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, beragam manfaat sawi, Rabu (13/5/2020).

2 dari 4 halaman

Mendetoks Racun di Dalam Tubuh

1. Mendetoks Racun di Dalam Tubuh

Sawi dipercaya ampuh untuk mendetoks racun dari tubuh. Kandungan serat dalam sawi mampu mendorong racun dalam sistem pencernaan dan mengeluarkannya melalui feses.

Sawi juga mengandung sulfur dan antioksidan sehingga sangat baik dalam detoksifikasi tubuh. Lantaran sawi kaya klorofil, sayuran ini juga baik dalam penyerapan karbon dioksida yang akan dikeluarkan melalui limbah dari dalam tubuh.

2. Mencegah Anemia

Sawi memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan tubuh. Pengidap anemia sangat disarankan untuk mengonsumsi sawi.

Satu di antara penyebab Anda mengalami anemia adalah kekurangan zat besi. Zat besi yang ada dalam sawi membantu menjaga hemoglobin tetap terkontrol, yang dapat mencegah timbulnya anemia.

Folat membantu tubuh menyerap zat besi lebih efisien, yang kemudian dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

3 dari 4 halaman

Mencegah Kanker

3. Mencegah Kanker

Sawi memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi. Sawi mampu mencegah Anda mengalami kanker.

Sawi memiliki kandungan bernama glucosinolate. Glucosinolate merupakan komponen yang bermanfaat untuk menangkal pertumbuhan sel kanker.

Vitamin dan mineral sawi juga sangat tinggi sehingga baik untuk menurunkan risiko terserang kanker.

4. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi sawi dengan cara dijus atau direbus sebagai lalapan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jika Anda memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis.

Sifat antioksidan dalam sawi hijau berkhasiat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Menyehatkan Tulang

5. Menyehatkan Tulang

Sawi mengandung vitamin K yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Tulang menjadi hal yang krusial bagi kesehatan tubuh. Tanpa tulang yang sehat, aktivitas sehari-hari menjadi terganggu dan terbatas.

Selain itu, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan seng berkontribusimembangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.

Mengonsumsi sawi berperan penting dalam produksi dan pertumbuhan kolagen yang baik untuk persendian, dan penting untuk menjaga struktur tulang.

6. Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Satu di antara menjaga sistem imunitas adalah dengan menjaga asupan makanan. Sawi merupakan satu di antara cara untuk mendukung sistem imunitas tubuh.

Sawi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang ada dalam sawi dapat memperlambat dan mencegah kerusakan sel di tubuh, menjaga jaringan tubuh tetap sehat.

Selain itu, sawi dapat mencegah agar peradangan tidak makin parah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan radikal bebas, membangun kolagen, serta membantu menjaga pembuluh darah.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer