Sukses


Tak Hanya Menambah Cita Rasa, Simak 7 Manfaat Buah Pala Ini bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Buah pala kerap diolah sebagai asinan atau manisan buah. Tak hanya itu, buah pala umumnya digunakan sebagai rempah-rempah untuk menambah cita rasa masakan, terutama olahan daging.

Buah pala termasuk rempah populer yang berasal dari biji Myristica fragrans, pohon cemara tropis asli Indonesia. Saat ini Indonesia menyuplai sebanyak 60 persen kebutuhan pala dunia.

Rempah satu ini memiliki rasa hangat, agak pedas, beraroma harum dan manis.

Buah pala juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh sehingga kerap digunakan kaitannya dengan pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat buah pala tidak kalah dari bawang putih, jahe, dan bumbu dapur lainnya yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan.

Buah berbentuk bulat ini memiliki beragam kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam 100 gram buah pala terdapat 525 kalori.

Buah pala diketahui kaya kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, kalsium, sodium, asam oleanolat, dan minyak atsiri. Buah pala juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiradang.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, manfaat lain buah pala, tak hanya sebagai penambah cita rasa, Kamis (14/5/2020).

2 dari 4 halaman

Menghilangkan Masuk Angin

1. Menghilangkan Masuk Angin

Kandungan minyak atsiri dalam buah pala bisa menghilangkan masuk angin. Manfaatnya sama seperti jahe karena memberikan sensasi hangat setelah mengonsumsinya.

Sifat antiemetik yang ada dalam buah pala berguna untuk menghilangkan mual dan muntah. Cocok bagi Anda yang mudah mabuk saat berkendara.

2. Melancarkan Pencernaan

Buah pala memiliki kandungan serat yang berperan merangsang proses pencernaan dengan mendorong gerakan peristaltik pada otot polos usus.

Mengonsumsi buah pala memudahkan usus dalam proses pencernaan. Selain itu, kandungan serat pada buah pala dapat membantu masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan perut kembung.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Kesehatan Otak

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah pala mengandung myristicin dan macelignan. Buah pala dapat mengurangi kerusakan sistem saraf dan fungsi kognitif yang dimiliki pasien demensia atau penyakit Alzheimer.

Buah pala sangat disarankan dikonsumsi bagi penderita penyakit Alzheimer, yang berguna untuk menjaga kesehatan ota, meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan kelelahan serta stres.

4. Membantu Mengatasi Insomnia

Sudah sejak lama buah pala dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi insomnia atau masalah tidur. Mengonsumsi pala memiliki efek menenangkan sehingga menginduksi tidur dan menghilangkan stres.

Perlu diperhatikan untuk mengonsumsi buah pala dalam dosis yang lebih kecil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurnya dengan segelas susu dan sedikit kapulaga.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Mulut

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Buah pala memiliki sifat antibakteri yang efektif membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut atau halitosis.

Buah pala juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pasta gigi atau obat kumur herbal. Selain itu, buah pala dapat meningkatkan kekebalan gusi dan gigi.

6. Perlindungan Hati

Manfaat selanjutnya dari buah pala adalah obat alami untuk mengobati gangguan hati. Buah pala kaya kandungan myrislignan dan dapat membantu meredakan cedera hati.

Mengonsumsi buah pala membantu menurunkan peradangan hati dan juga aktivitas radikal bebas di hati.

7. Detoks Racun

Buah pala dapat mengeluarkan racun-racun tubuh atau bertindak sebagai tonik. Kandungan yang ada dalam buah pala dapat membantu menghilangkan racun yang tersimpan atau terakumulasi di hati dan ginjal.

Mengonsumsi buah pala mampu membuat organ-organ tubuh bersih dari racun yang tersimpan, membantu melarutkan batu ginjal, meningkatkan fungsi ginjal dan hati.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer